INDONEWS.ID

  • Senin, 15/07/2019 09:58 WIB
  • Tertabrak Kapal, Krane Terminal Peti Kemas Semarang Kembali Normal

  • Oleh :
    • very
Tertabrak Kapal, Krane Terminal Peti Kemas Semarang Kembali Normal
Hari Minggu (14/7) pada pukul 17.10 WIB terjadi insiden yang menyebabkan robohnya satu unit container crane (CC) atau derek angkat peti kemas di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. (Foto: Ist)

Semarang, INDONEWS.ID -- Sebuah kapal mengalami kecelakaan menabrak crane kontainer di Terminal Peti Kemas Semarang. Akibatnya, satu unit crane roboh, namun dalam 3 jam, kerusakan berhasil diatasi oleh para petugas, dan sekarang kondisinya sudah kembali normal.

Hari Minggu (14/7) pada pukul 17.10 WIB terjadi insiden yang menyebabkan robohnya satu unit container crane (CC) atau derek angkat peti kemas di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi

Kejadian tersebut disebabkan kapal peti kemas MV Soul of Luck yang akan sandar di dermaga internasional TPKS membentur CC. Satu CC tersebut yang kini rusak yaitu CC nomor 3 yang berada di posisi paling ujung di dermaga.

“Sesaat setelah kejadian segera dilakukan pengamanan area kejadian dalam radius beberapa meter. Tim tanggap darurat saat ini melakukan investigasi dan evakuasi. Tidak ada korban pada kecelakaan kerja baik meninggal atau luka berat dalam peristiwa ini, karena Pelindo III menerapkan standar safety yang tinggi untuk seluruh terminalnya, termasuk Terminal Peti Kemas Semarang. Mengenai crane yang rusak sudah diasuransikan,” kata VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata, ketika dikonfirmasi dari Kantor Pusat Pelindo III di Surabaya, Minggu (14/7) petang.

Baca juga : DWP Kemendagri Bagikan Paket Sembako di Kompleks DDN Kota Tangerang

Dia mengatakan, setelah seluruh proses evakuasi berjalan lancar sesuai dengan SOP dan rencana darurat, operasional bongkar muat di dermaga sudah kembali berjalan normal, setelah sempat terhenti tiga jam.

“Sehingga TPKS kembali bisa melayani para pengguna jasa logistik, mengingat pentingnya TPKS sebagai gerbang ekspor impor utama para pengusaha di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya. Pelindo III akan berupaya untuk mengatasi insiden dengan cepat dan risiko yang terjadi dapat terkelola dengan baik,” tutupnya. (Very)

Baca juga : Gandeng BRIN, PTPN IV PalmCo Riset Biogas Kombinasi Limbah Tandan Kosong dan Limbah Cair Sawit Perdana
Artikel Terkait
Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi
DWP Kemendagri Bagikan Paket Sembako di Kompleks DDN Kota Tangerang
Gandeng BRIN, PTPN IV PalmCo Riset Biogas Kombinasi Limbah Tandan Kosong dan Limbah Cair Sawit Perdana
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas