INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/07/2019 17:11 WIB
  • PDIP Respon Dua Putra Jokowi Masuk Bursa Wali Kota Solo

  • Oleh :
    • Mancik
PDIP Respon Dua Putra Jokowi Masuk Bursa Wali Kota Solo
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.(Foto:Detik.com)

Jakarta,INDONEWS.ID -Sekretaris Jendral PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan membahas nama-nama yang memiliki elektabilitas tinggi termasuk kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, pada kongres PDIP terkait pemilihan wali kota Solo 2020 mendatang. Hal ini ia sampaikan setelah kedua putra presiden tersebut muncul dalam survei jelang pilkada.

Pilkada serentak 2020 telah dijadwalkan untuk seluruh provinsi dan kabupaten/ kota. Karena itu, jelas Hasto, PDIP akan mempersiapkan keseluruhan kontentasi tersebut pada kongres partai yang akan dilaksanakan pada 8 hingga 11 Agustus mendatang.

Baca juga : Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat

"Pilkada kan 2020, nanti kami akan bahas dalam kongres," kata Hasto di Jakarta, Sabtu,(27/07/2019)

PDIP sendiri, kata Hasto, mempunyai mekanisme tersendiri dalam menentukan kandidat yang akan masuk dalam kontestasi politik di daerah maupun pemilu. Partai akan melakukan proses pemetaan termasuk mengukur tingkat elektabilitas calon sebelum ditetapkan sebagai calon kepala daerah di daerah tertentu.

Baca juga : Didampingi AHY, Besok Jokowi Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah Elektronik di Banyuwangi

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, upaya untuk menyeleksi calon kepala daerah dari PDIP tidak hanya mengukur tingkat elektabilitas calon. Partai juga terlebih dahulu mendengarkan masukan-masukan yang diberikan oleh DPC mengenai tingkat keterpilihan dari calon yang akan diusung.

"Setelah itu kami lakukan sekolah partai. Prinsipnya Pilkada jadi momen bagi PDIP untuk memperkuat mekanisme institusionalisasi kelembagaan dalam menghasilkan pemimpin yang baik," jelasnya.

Baca juga : Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"


Jokowi Siap Dukung Pencalonan Gibran dan Kaesang


Sementara itu, menanggapi kedua putranya Gibran dan Kaesang, masuk bursa pemilihan wali kota Solo, Jokowi menyatakan siap untuk mendukung rencana pencalonan keduanya. Namun, ia menegaskan, dukungan tersebut ia berikan setelah mendapatkan kepastian keputusan dari kedua putranya tersebut.

"Orang tua tuh bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun (termasuk terjun ke dunia politik). Jualan pisang saya dukung jualan martabak saya dukung," ungkap Jokowi.

Jokowi juga menegaskan, dirinya tidak akan membatasi kedua putranya untuk terjun ke dunia politik. Jika kedua putranya memilih jalur politik sebagai jalan pengabdian kepada bangsa dan negara, ia hanya turut memberikan dukungan dan suport.

Ia juga kembali menegaskan, Gibran dan Kaesang merupakan anak-anak yang sudah mandiri menentukan jalan hidupnya masing-masing. Saat ini, keduanya sedang menjalankan bisnis masing-masing tetapi mantan wali kota Solo itu mengatakan bahwa ia tidak akan melarang Kaesang dan Gibran untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

"Saya enggak pernah melarang, mau di politik juga silakan. Enggak tau saya. tanyakan saja ke anaknya langsung," pungkasnya.*(Marsi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Didampingi AHY, Besok Jokowi Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah Elektronik di Banyuwangi
Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"
Artikel Terkini
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
KNKT Minta Semua Pihak Buat Rencana Perjalanan Wisata yang Baik dan Bijak
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas