INDONEWS.ID

  • Selasa, 03/09/2019 18:18 WIB
  • Ini 5 Alasan Utama Masyarakat Dukung Jokowi Pindah Ibu Kota

  • Oleh :
    • Mancik
Ini 5 Alasan Utama Masyarakat Dukung Jokowi Pindah Ibu Kota
Direktur Eksekutif Median Rico Marbun.(Foto:IST)

Jakarta,INDONEWS.ID - Lembaga survei Median mencacat lima point besar masyarakat mendukung rencana Presiden Jokowi memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Hasil survei ini disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di Warung Upnormal, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa,(3/09/2019)

Dari data hasil survei yang dibagikan kepada media, terdapat lima point besar yang menjadi pertimbangan utama dari masyarakat mendukung pemerintah memindahkan ibu kota. Ke-lima point tersebut diantaranya yakni pemerataan ekonomi 13,5 persen, mengurangi kepadatan penduduk di DKI 12,3 persen.

Ketiga yakni ikut saja keputusan pemerintah 10,7 persen, mengurangi kemacetan DKI yaitu 2,9 persen dan pada point terakhir yakni membawa perubahan yang lebih baik yakni 2, 7 persen.

Adapun alasan dari hasil survei Median disebutkan, masyatakat mendukung pemindahan ibu kota karena Jakarta sudah tidak layak lagi sebagai ibu kota negara. Alasan ini menempati persentase 2,1 persen di antara alasan-alasan lainnya.


Pindah Ibu Kota Buka Lapangan Kerja Baru

 

Selanjutnya, dari data hasil survei yang dilakukan oleh Median, masyarakat mendukung rencana pemindahan ibu karena ada keyakinan bahwa dengan keputusan tersebut, memberi kesempatan untuk membuka lapangan kerja baru. Alasan ini menempati persentase 2,1 persen di antara alasan-alasan lainnya.

Ada juga yang mendukung keputusan pemerintah memindahkan ibu kota karena berasal dari Kalimantan.Alasan menempati persentasi 1,9 persen di antara alasan lainnya.

Selain itu, alasan lokasi srategis di tengah-tengah sebanyak 1,3 persen dan alasan mengurangi polusi sebanyak 0,8 persen, sedangkan untuk alasan banyak lahan baru, lebih luas sebanyak 0,8 persen.

Untuk diketahui,survei kepindahan ibu kota ini dilakukan oleh Medin sendiri pada periode 26-30 Agustus 2019 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Sebanyak 1.000 responden diwawancarai secara tatap muka, sampel dibagi secara proporsional dan menggunakan metode multistage random sampling, margin of error survei ini adalah 3,09 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.*(Marsi)

 

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas