INDONEWS.ID

  • Kamis, 12/09/2019 12:01 WIB
  • Luhkito Hadi Iswanto: Peserta Pelantara 9 Diharapkan Jadi Agen Bela Negara

  • Oleh :
    • very
Luhkito Hadi Iswanto: Peserta Pelantara 9 Diharapkan Jadi Agen Bela Negara
Kolonel Arh. Luhkito Hadi Iswanto, ST.M.Si [Inakoran.com/Ina TV]

Nias Selatan, INDONEWS.ID -Kolonel Arh. Luhkito Hadi Iswanto, ST., M.Si., mengatakan bahwa Bela Negara adalah upaya membangun kesadaran dalam diri setiap warga negara termasuk generasi muda, akan pentingnya nasionalisme atau rasa cinta tanah air, dalam rangka menjamin tegaknya NKRI, Pancasila dan UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Jadi Bela Negara tidak bersifat militeristik, bukan militerisasi dalam bentuk baru sebagaimana dipahami banyak pihak selama ini,” ujar Luhkito di Gedung Lanal Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (11/9), seperti dikutip Inakoran.com/Ina TV.

Baca juga : Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat

Kolonel Luhkito adalah Komandan kontingen Bela Negara, yang menjadi salah satu satuan yang ikut dalam kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) tahun 2019.

Pelantara 9, adalah program lintas kementeriaan yang melibatkan tiga institusi yakni Kemenpora (Kapal Pemuda Nusantara atau KPN), Kemenhan (Bela Negara) dan Saka Bahari dari TNI Angkatan Laut.

Baca juga : Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!

(Kontingen Bela Negara berpose di depan KRI Semarang, di Lanal Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (1/9) [Inakoran.com/Ina TV)

Baca juga : Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas

Program ini dirancang untuk menanamkan rasa nasionalisme dalam diri para generasi muda yang ikut dalam pelantara 9 yang merupakan aset masa depan bangsa Indonesia.

Luhkito berharap, setelah anak-anak ini kembali, mereka akan menjadi agen Bela Negara di daerahnya masing-masing.

“Kami berharap setelah mereka kembali ke daerahnya akan menjadi agen Bela Negara di wilayahnya masing-masing, demi tegaknya NKRI dan UUD 1945,” tegas Kolonel yang menjabat sebagai Kepala Bidang Kebijakan Madya, Bidang Doktrin dan Stratregi Dit Bela Negara di Kementerian Pertahanan ini.

(Kontingen Bela Negara, sesaat sebelum naik ke KRI Tanjung Kambani, di Tanjung Priok, Minggu (1/9) [Inakoran.com/Ina TV)

Unit Bela Negara (BN) merupakan salah satu dari tiga satuan yang tergabung dalam Pelantara 2019 selain satuan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Saka Bahaari binaan TNI Angkatan Laut.

Luhkito menjelaskan bahwa Kontingen Bela Negara terdiri dari Mahasiswa Polimarin Semarang, Akademi Maritim Nasional Jakarta, SMA KAL Surabya dan SMK Yahari Sidoarjo serta PPMI. 

“Dalam Pelantara tahun 2019 ini, kontingen Bela Negara terdiri dari Mahasiswa Polimarin Semarang, Akademi Maritim Nasional Jakarta, SMA KAL Surabya dan SMK Yahari Sidoarjo serta PPMI,” ujar Kolonel Luhkito. (Very)

 

Artikel Terkait
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Artikel Terkini
Dikunjungi Menko PMK dan Mensos, Masyarakat Korban Banjir Bandang dan Longsor Terima Bantuan Dari Presiden Joko Widodo
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas