INDONEWS.ID

  • Minggu, 22/09/2019 11:50 WIB
  • Wakil Presiden RRT Akan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

  • Oleh :
    • very
Wakil Presiden RRT Akan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menerima Penasihat Presiden RRT Untuk Urusan Luar Negeri, Song Tao, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Jumat (20/9) pagi.

Jakarta, INDONEWS.ID -- Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) periode 1919-1924. Ucapan selamat ini disampaikan melalui Penasehat Presiden RRT Untuk Urusan Luar Negeri, Song Tao, saat mengunjungi Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9) pagi.

Selain menyampaikan ucapan selamat, menurut Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) A.M. Fachir, dalam kesempatan itu Penasehat Presiden RRT juga menyampaikan komitmen pemerintahnya untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan Indonesia.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

“Tadi juga sudah menyampaikan bahwa ada Wakil Presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan Presiden RI pada tanggal 20 Oktober nanti. Bapak Presiden mengatakan akan merasa terhormat kalau dihadiri juga oleh Wakil Presiden Tiongkok,” kata Fachir kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi saat menerima  Penasehat Presiden RRT Untuk Urusan Luar Negeri itu, seperti dikutip dari Setkab.go.id.

Rencana kehadiran Wakil Presiden RRT dalam pelantikan Presiden RI itu dinilai Wamenlu menunjukkan hubungan yang baik antara kedua pemimpin, bahwa Tiongkok memberikan perhatian yang lebih baik, menunjukkan hubungan yang sangat penting dan strategis antara Tiongkok dengan Indonesia.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Impor CPO

Dalam kesempatan itu, menurut Wamenlu, Presiden Jokowi maupun Penasehat Presiden RRT Untuk Urusan Luar Negeri juga sepakat untuk terus mengupayakan berbagai macam kerja sama. Antara lain misalnya di bidang perdagangan, lanjut Wamenlu, upaya-upaya harus dilakukan, antara lain agar kondisi ekonomi dunia sekarang ini mestinya menjadi tantangan bersama sehingga harus dilakukan upaya-upaya bersama agar dampak negatifnya tidak berpengaruh bagi kedua negara.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

Secara khusus di bidang perdagangan, lanjut Wamenlu,  misalnya Presiden berharap bahwa impor Tiongkok untuk CPO (crude palm oil) ditingkatkan, dan kemudian juga berbagai komoditi lain, seperti buah-buahan dan produk akuatik.

“Untuk investasi, Bapak Presiden secara khusus tadi menyampaikan harapan agar Tiongkok juga melihat peluang kerja sama melakukan produksi yang bisa berorientasi ekspor. Jadi secara bersama-sama kerja sama investasi dari Tiongkok di Indonesia itu adalah untuk orientasi ekspor, baik itu ke Afrika, mungkin ke Timur Tengah, dan lain-lain, bahkan ke Amerika,” sambung Wamenlu.

Khusus mengenai investasi yang sifatnya lebih infrastruktur, Wamenlu A.M. Fachir mengemukakan, Presiden juga berharap bahwa upaya-upaya yang sudah dilakukan bisa dilanjutkan kembali, termasuk sinergi antara BRI (Belt and Road Initiative) dengan Poros Maritim Indonesia.

“Secara khusus tadi Bapak Presiden berharap mudah-mudahan kerja sama di bidang perdagangan ini bisa mengurangi dampak dari defisit Indonesia dengan Tiongkok,” tegas Wamenlu.

Selain didampingi Wamenlu A.M. Fachir dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. (Very)

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Mendagri: Halalbihalal Idulfitri 2024 Jadi Momentum Penguatan Internal yang Lebih Solid
J&T Cargo Beri Penghargaan Best Service Otlet
PJ Bupati Maybrat Pantau Proyek Pembangunan Dua Jembatan Strategis di Kampung Aisa
PJ Bupati Maybrat Berdialog dengan Warga Kampung Aisa, Motivasi Pemulihan dan Peningkatan Infrastruktur
PJ Bupati Maybrat Tinjau Perkembangan Pemulihan Kampung Aisa
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas