INDONEWS.ID

  • Selasa, 26/11/2019 13:30 WIB
  • Presiden Korsel Apresiasi Peran Indonesia Dalam Kerja Sama Indo-Pasifik

  • Oleh :
    • very
Presiden Korsel Apresiasi Peran Indonesia Dalam Kerja Sama Indo-Pasifik
Presiden Moon dan Presiden Jokowi usai pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Westin Chosun Hotel, Busan, pada Senin 25 November 2019. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan apresiasi dan meyakini penyelenggaraan Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum tahun 2020 akan berjalan sukses.

“Indonesia merupakan negara penggagas dari konsep Indo-Pasifik dan akan sukses menjadi tuan rumah,” ucap Presiden Moon ketika mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Westin Chosun Hotel, Busan, pada Senin 25 November 2019.

Baca juga : Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Berharap Bisa Ciptakan Kepastian Distribusi Air Bersih

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menyampaikan kembali pentingnya perlindungan Anak Buah Kapal Indonesia yang bekerja di kapal panjang. Presiden Moon menyampaikan komitmen untuk memberikan perlindungan terhadap para ABK Indonesia.

Masih terkait ABK, Presiden sampaikan apresiasi atas diselematkannya enam orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai ABK di kapal yang tenggelam di wilayah Seogipo, Jeju.

Baca juga : Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra

“Di kapal tersebut, terdapat enam orang WNI yang bekerja sebagai ABK. Enam orang WNI ABK tersebut selamat dan saat ini sedang menjalani perawatan kesehatan. Terima kasih atas upaya penyelamatan yang dilakukan otoritas Korea,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari siaran Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Presiden Moon menyampaikan bahwa pemerintah Korea Selatan selalu mengutamakan keselamatan. “Kami berupaya agar ABK dapat bekerja dengan baik,” kata Presiden Moon.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

“Sekali lagi saya mohon agar Presiden Moon dapat memberikan perhatian terhadap sistem perlindungan ABK Indonesia ini,” tutur Presiden Jokowi.

Di akhir pertemuan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia mendukung Keketuaan Korea di MIKTA pada tahun 2020.

“Saya harap Korea tetap menjadikan ekonomi kreatif sebagai prioritas MIKTA tahun 2020,” kata Presiden Jokowi.

Korea Selatan akan menjadi Ketua MIKTA untuk tahun 2020. Presiden Jokowi mengharapkan agar kerjasama MIKTA dapat diintensifkan sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat kita.

Setelah menghadiri pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dan Presiden Kim menyaksikan penandatanganan tiga nota kesepahaman yaitu deklarasi bersama pada penyelesaian akhir negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Korea, Perjanjian Bebas Visa Bagi Pemegang paspor Diplomatik dan Dinas RI-Republik Korea, dan Kerja Sama Teknik Terkait Pemindahan dan Pengembangan Ibu Kota. (Very)

Artikel Terkait
Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Berharap Bisa Ciptakan Kepastian Distribusi Air Bersih
Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Artikel Terkini
Dikunjungi Menko PMK dan Mensos, Masyarakat Korban Banjir Bandang dan Longsor Terima Bantuan Dari Presiden Joko Widodo
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas