INDONEWS.ID

  • Jum'at, 20/12/2019 11:01 WIB
  • Akhiri Masa Jabatannya, Ini Pesan Pimpinan KPK Jilid IV Kepada Firli Cs

  • Oleh :
    • Ronald
Akhiri Masa Jabatannya, Ini Pesan Pimpinan KPK Jilid IV Kepada Firli Cs
Ketua KPK yang baru, Firli Bahuri. (Foto: Antara)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan melantik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Istana Negara Jakarta, Jumat (20/12/2019). Prosesi pelantikan akan dimulai pada pukul 14.30 WIB.

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel

Kelima pimpinan baru itu yakni sebagai Ketua Komjen Firli Bahuri dan empat wakilnya yakni Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron. Mereka akan menggantikan pimpinan KPK jilid IV Agus Rahardjo Cs yang telah habis masa jabatannya.

Sementara itu, sebelum meninggalkan masa jabatannya,  Agus dan pimpinan KPK lainnya turut serta menitipkan sejumlah pesan dan harapan untuk lima pimpinan antikorupsi ke depan.

Baca juga : Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional

Dari Ketua KPK Agus Rahardjo berharap pimpinan selanjutnya dapat melanjutkan kasus-kasus besar yang belum tuntas. Di antaranya kasus Richard Joost Lino (RJ Lino), kasus korupsi proyek e-KTP hingga dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI. 

"Kan kasus yang belum selesai ada beberapa. Ya contohnya Pak Lino, perhitungan kerugian negaranya menunggu itu, teman-teman dari ahli ITB. Kemudian e-KTP kan belum tuntas, jadi masih banyak yang perlu dilanjutkan‎," ujar Agus, Rabu (18/12/2019) lalu.

Agus berharap Firli Bahuri cs dapat mengungkap kasus-kasus besar di masa kepemimpinannya, dibanding memperbanyak operasi tangkap tangan (OTT).

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai

"Saya berharap mestinya ke depan itu membangun kasus yang lebih meaningfull, lebih banyak, artinya dibanding OTT," jelas Agus.

Sementara dari Wakil Ketua KPK Laode M Syarif berharap besar Firli Bahuri Cs dapat membawa KPK jauh lebih baik, meski perlu ada penyesuain dengan undang-undang yang baru.

"Tapi kita berharap irama komisioner KPK yang baru dan irama Dewan Pengawas KPK kalau semua semangatnya untuk memberantas korupsi, insya Allah semuanya akan baik-baik saja," ujar Syarif, Kamis (19/12/2019) kemarin.

Sedangkan dari Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berpesan agar pimpinan selanjutnya tidak melupakan penuntasan kasus teror penyiraman air keras yang menimpa penyidik senior Novel Baswedan.

Saut menegaskan, pimpinan KPK harus bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang terjadi dengan anak buahnya.

"Tentunya itu bagian dari tanggung jawab mereka. Yang korban adalah pasukannya (Novel Baswedan). Saya mengatakan berantas korupsi itu kan perang. Oleh sebab itu kita harus bertanggung jawab terhadap pasukan kita," tegasnya.

Saut Situmorang juga meminta semua pihak untuk percaya dengan kepemimpinan Firli Bahuri Cs yang akan memimpin lembaga antikorupsi itu ke depan. Saut yakin Firli Bahuri Cs akan bekerja lebih baik dalam pemberantasan korupsi.

"Jadi percaya aja, pak Alex akan lebih perform. Saya lebih percaya orang yang di belakang kita akan lebih baik dari kita," kata Saut.

Maka, Saut meminta kepada semua pihak untuk tidak mencurigai lima pimpinan KPK baru yang akan menahkodai lembaga antikorupsi selama empat tahun kedepan. "Jadi jangan curiga dulu sama mereka," tandasnya. (rnl)

 

Artikel Terkait
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Artikel Terkini
Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas