INDONEWS.ID

  • Jum'at, 28/02/2020 11:15 WIB
  • Menhub Sudah Berkoordinasi Untuk Pulangkan Jamaah Indonesia dari Arab Saudi

  • Oleh :
    • Ronald
Menhub Sudah Berkoordinasi Untuk Pulangkan Jamaah Indonesia dari Arab Saudi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soetta. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemulangan jamaah yang ada di Arab Saudi ke Indonesia akan tetap dilakukan oleh  maskapai masing-masing. Dia menyebut hal ini sudah dikoordinasikan.

"Kalau pemulangan, kita pastikan bahwa maskapai bertanggung jawab untuk melakukan pemulangan-pemulangan yang sudah di sana. Tadi saya sempat komunikasi dengan Garuda, dengan Lion, Batik, mereka menjemput," kata Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020).

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta

Dirinya juga memahami alasan Kerajaan Arab Saudi yang menutup penerbangan umrah dari luar negeri. Budi menyebut pihak maskapai pesawat tetap akan melakukan pemulangan jemaah umrah dari Arab Saudi ke Indonesia.

"Ya kalau boleh ngomong terus terang kita sudah membayangkan akan terjadi ya. Tetapi kita tidak surprise juga ini dilakukan mendadak dalam 1 hari. Namun demikian kita tetap memahami tentang apa yang diambil oleh Arab Saudi karena ini kan berkaitan dengan kesehatan manusia dalam skala yang global. Jadi kita tidak menyangka juga tadi pagi tadi," ujarnya.

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur

Menurutnya, proses pemulangan umrah dari Arab Saudi tidak menjadi masalah. Budi melanjutkan, yang harus menjadi perhatian khusus yakni para WNI yang masih dalam perjalanan ke Saudi.

"Yang masalah ini adalah mereka yang masih terbang. Ada beberapa flight yang masih terbang saya minta kepada Bu Menlu untuk mengkomunikasikan dengan kementerian di Arab Saudi supaya mereka tetap bisa landing dan tetep bisa menjalankan ibadah ya," ujar Budi. 

Selain itu, Budi juga menanggapi pemulangan jemaah yang gagal berangkat umrah ke Arab Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta. Menurutnya pemulangan itu ditanggung oleh travel masing-masing.

Baca juga : Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru

"Pemulangan saya melihat travelnya baik. Tadi saya ketemu yang dari Palembang, mereka malam ini pulang ke Palembang. Yang ke Yogyakarta juga malam ini pulang, yang ke Temanggung disediakan bus langsung pulang. Jadi saya pikir juga saya terima kasih dengan travel sudah bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan," ucap Budi.  

Lebih lanjut Budi mengatakan akan melakukan menemui pihak-pihak yang terdampak atas kejadian tersebut. Dia akan melakukan koordinasi agar biaya bisa ditutupi.

"Harapan kita begitu ya (direschedule). Saya minta masing-masing pihak bertanggung jawab, ya tentu kita memahami pihak-pihak itu juga berdampak. Artinya mereka juga ada opportunity cost ya. Karenanya kami akan ketemu dengan semua pihak ini agar oppotunity cost ini bisa dicover," tandasnya. (rnl)

 

Artikel Terkait
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas