INDONEWS.ID

  • Minggu, 14/05/2017 09:43 WIB
  • Hari Ini Presiden Jokowi Bertemu Xi Jinping Bahas Kerja Sama Ekonomi

  • Oleh :
    • Abdi Lisa
Hari Ini Presiden Jokowi Bertemu Xi Jinping Bahas Kerja Sama Ekonomi
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden RRT Xi Jinping jelang KTT G20 di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Cina, Jumat (2/9). (Foto: Ant)
Beijing, INDONEWS.ID - Agenda kunjungan kerja Presiden Joko Widodo pada hari kedua di Beijing, Minggu, akan dipadati sejumlah pertemuan bilateral dan pembahasan kerja sama ekonomi, salah satunya dengan Presiden RRT Xi Jinping. "Besok kita akan menandatangani 3 dokumen, yang pertama adalah dokumen yang terkait dengan Plan of Action untuk 2017-2022," kata Menlu Retno Marsudi ditemui di Hotel Conrad, Beijing pada Sabtu malam. Pada Sabtu siang, Retno telah menemui Menlu RRT Wang Yi membahas agenda pertemuan bilateral yang akan dilakukan oleh kedua Kepala Negara. Menurut Retno, dokumen tersebut merupakan implementasi strategi kemitraan komprehensif yang sudah dilakukan oleh Indonesia dan Tiongkok. Dokumen kedua yang akan ditandatangani oleh perwakilan pemerintahan Indonesia-RRT adalah tentang kerja sama ekonomi teknis berupa hibah sekitar Rp150 miliar untuk membiayai studi tapak terkait pembangunan infrastruktur. Selain itu, kata Retno, Jokowi juga direncanakan menyaksikan penandatanganan dokumen ketiga yang akan ditandatangani yaitu mengenai kesepakatan pembiayaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Sebelum pertemuan bilateral dengan Presiden Xi, Jokowi juga akan menghadiri pembukaan KTT Belt and Road Forum di China National Convention Center bersama 29 Kepala Negara/Pemerintahan. "Jadi besok itu acara Presiden akan sangat padat sekali. Ada 10 acara yang akan diikuti oleh Presiden mulai dari pembukaan Belt and Road Forum yang akan dilakukan pagi dan selain itu Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Sekjen LDP Jepang dan sekaligus merangkap sebagai Presiden Persahabatan Parlemen Indonesia-Jepang Mr Nikai," kata Menteri Luar Negeri seperti dikutip Antara. Presiden Jokowi tiba di Beijing pada sekitar pukul 20.30 waktu setempat usai menumpang pesawat kepresidenan Indonesia Satu selama sekitar 6 jam dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Usai menerima mitra dari Jepang, Jokowi juga akan melakukan kunjungan ke Masjid Niujie, di Kota Beijing untuk menemui ulama dan tokoh muslim asal Tiongkok. Selain itu, Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Tsinghua Qiu Yong. Kepala Negara juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Polandia Beata Szydo dan menerima pimpinan perusahaan Shanghai Electric untuk membahas investasi. Menlu menjelaskan pada Minggu malam usai bertemu Presiden Xi Jinping, Jokowi akan menghadiri jamuan makan malam KTT Belt and Road Forum. Jokowi kunjungan kerja ke Beijing untuk menghadiri KTT "Jalur Sutera Baru" yang berlangsung pada 14-15 Mei 2017. Presiden akan mengutamakan kepentingan nasional dalam kerja sama besar lintas negara di Asia, Afrika dan Eropa yang dikhususkan kepada sektor infrastruktur. Sejumlah kepala negara/pemerintahan akan membahas sinergi kebijakan untuk kerja sama dan pembangunan konektivitas di kawasan. (Very)
Artikel Terkait
Presiden Jokowi Resmikan Inpres Jalan Daerah Sepanjang 165 km pada 15 Kabupaten/Kota di Sultra
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas