INDONEWS.ID

  • Sabtu, 21/03/2020 14:01 WIB
  • PMKRI: Mengurangi Penyebaran Covid-19, Pemerintah Perlu Melakukan Test Massal

  • Oleh :
    • Mancik
PMKRI: Mengurangi Penyebaran Covid-19, Pemerintah Perlu Melakukan Test Massal
Ketua Presidium terpilih PP PMKRI periode 2020-2022, Benidiktus Papa.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Perkembangan kasus virus corona Covid 19 akhir-akhir ini semakin meresahkan. Data terbaru secara nasional hingga 20 Maret, virus corona telah menjangkiti 369 orang. Sebanyak 320 orang dirawat, 17 orang sembuh, dan sebanyak 32 orang meninggal dunia.

Melihat penyebaran virus covid-19 yang semakin meningkat dengan cepat, Ketua Presidium terpilih PP PMKRI periode 2020-2022, Benidiktus Papa menegaskan agar masyarakat dan pemerintah untuk saling bekerjasama melawan covid-19.

Baca juga : Berkolaborasi untuk Mengoptimalkan Potensi EBT Bagi Kesejahteraan Masyarakat

"Kita harus bahu membahu saling memberi semangat dan ini waktunya yang tepat kita merefleksikan sejauh mana revolusi mental kita betul-betul diterjemahkan dalam konteks hidup sehat. Kita harus mendukung upaya pemerintah untuk menekan korban pandemi corona dengan mempraktekkan pola hidup yang baik," kata Beni di Jakarta, Sabtu,(21/03/2020)

Dari data yang ada, Provinsi DKI Jakarta menduduki tingkat yang paling tinggi persebaran virus corona. Tercatat ada 224 kasus positif dan ada 20 orang yang meninggal dunia. Sebanyak 13 orang berhasil sembuh.

Baca juga : PMKRI Akan Promosikan Produk Khas Kabupaten Mimika di Hadapan Wakil Presiden Ma`ruf Amin

Sementara itu, semakin hari, jumlah orang dalam pantauan juga semakin meningkat. Per Jumat 20 Maret ini, ada 1.028 orang dalam pemantauan (ODP). Sebanyak 67 orang masih dipantau, dan 170 orang orang selesai dipantau.

Pasien dalam pengawasan (PDP) di Jakarta juga meningkat menjadi 447 orang. Sebanyak 196 orang dirawat dan 251 pulang ke rumah.

Baca juga : Waketum DPP Perkumpulan Alumni PMKRI, Ramses Lalongkoe, Resmi Daftar Jadi Calon DPD RI

Saat ini, Pemerimtah telah membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Gugus tugas ini melakukan kordinsi lintas kementerian,lembaga dan Pemda dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah corona.

"Gugus tugas yang dikomandoi BNPB telah melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus semakin massif. Salah satu diantaranya adalah memberlakukan Social Distancing untuk mencegah adanya pertemuan-pertemuan massal atau tatap muka dalam bentuk kerumunan dan ini harus manjadi kesadaran bersama," jelas Beni.

Namun, Ketua Presidium terpilih PP PMKRI itu menilai, himbauan ini belum maksimal. Perlu ada kesadaran bersama dari warga, mentaati himbauan ini sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam menekan angka korban Covid 19.

Beni mendorong pemerintah sesegera mungkin melakukan test massal sehingga akan bisa mengurangi laju penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

"Pemerintah dengan sumber daya yang dimiliki untuk segera menelaksanakaan test massal, deteksi dini dilapangan menjadi sangat penting. Pemerintah juga Perlu membuat skema yang terarah untuk pelibatan Organisasi Kemahasiswaan Pemuda yang memiliki jaringan sampai ke akar rumput untuk membantu kerja-kerja penanganan di daerah," tutupnya.*

Artikel Terkait
Berkolaborasi untuk Mengoptimalkan Potensi EBT Bagi Kesejahteraan Masyarakat
PMKRI Akan Promosikan Produk Khas Kabupaten Mimika di Hadapan Wakil Presiden Ma`ruf Amin
Waketum DPP Perkumpulan Alumni PMKRI, Ramses Lalongkoe, Resmi Daftar Jadi Calon DPD RI
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas