INDONEWS.ID

  • Minggu, 10/05/2020 13:59 WIB
  • Pengamat : Jangan Ada Informasi Negatif Terkait Pandemi Covid-19

  • Oleh :
    • Ronald
Pengamat : Jangan Ada Informasi Negatif Terkait Pandemi Covid-19
Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Hamdi Muluk. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Hamdi Muluk menekankan bahwa manajemen informasi adalah hal penting yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19 karena dapat mempengaruhi perilaku masyarakat.

"Masalah komunikasi risiko, jadi pemerintah atau siapapun harus memastikan bahwa seluruh komunikasi ke masyarakat tentang seluk beluk Covid-19 ini sampai secara proporsional, tepat, akurat sehingga tidak ada informasi yang simpang siur dan keliru," katanya dalam konferensi pers yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Baca juga : Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa

Muluk yang juga merupakan ahli psikologi politik informasi tersebut mengatakan tidak boleh hanya dipenuhi oleh isu negatif yang dapat menakuti khalayak. Ketakutan itu dapat menyebabkan individu menjadi paranoid dan mengalami stres berlebihan.

"Terlalu banyak informasi yang bersifat menakuti dampaknya dapat dilihat dari beberapa tindakan diskriminasi yang terjadi di masyarakat dalam beberapa hari terakhir seperti penolakan terhadap petugas kesehatan dan jenazah pasien Covid-19," ujarnya.

Baca juga : Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni

Meski begitu, Hamdi menekankan bahwa sebaliknya informasi yang disebarkan tidak boleh yang bersifat menyepelekan Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya terhadap berbagai aspek kehidupan.

Jika hal itu terjadi maka masyarakat dapat menjadi tidak peduli dan tidak memperhatikan protokol kesehatan untuk mengurangi angka infeksi penyakit yang disebabkan virus corona jenis baru itu.

Baca juga : Aktivitas Terorisme Menurun Jelang Nataru, Pengamat: Kewaspadaan Tinggi Harus Terus Dilakukan dalam Bentengi NKRI

"Manajemen informasi itu kata kunci karena akan mempengaruhi pola pikir, emosi, dan cara orang berperilaku," tandasnya.

Lebih lanjut, Hamdi menyebut, jika seluruh masyarakat bisa menggalakkan kesehatan psikologis, maka masa pandemi bisa dilalui dengan kondusif. Namun, ia mengakui, masa pandemi corona memang butuh waktu untuk bisa selesai.
 
"Jadi kita perlu ini konsisten ke arah yang kondusif. Setiap orang harus disiapkan mentalnya tangguh, kemudian disiplin, memperbesar empati dan solidaritas. Ini harus berkelanjutan sampai kurvanya landai," tuturnya.

Manajemen informasi yang tidak tepat akan menimbulkan informasi ambigu atau bahkan keliru yang bisa memicu terjadinya banjir hoaks dan berkembangnya teori konspirasi di masyarakat. (rnl)

 

 
Artikel Terkait
Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa
Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni
Aktivitas Terorisme Menurun Jelang Nataru, Pengamat: Kewaspadaan Tinggi Harus Terus Dilakukan dalam Bentengi NKRI
Artikel Terkini
Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Pj Bupati Maybrat Tinjau Puskesmas Aifat Utara, Puji Kinerja Dalam Penanganan Scabies karena Kutu Babi
Pj Bupati Maybrat dan Kapolres Tandatangani NPHD, Dukung Penerimaan Bintara Polri dari Maybrat
Kunjungan Pj Bupati Maybrat ke SMAN 1 Aifat Raya Ungkap Kekurangan Guru dan Data Siswa yang Tidak Akurat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas