INDONEWS.ID

  • Selasa, 19/05/2020 07:01 WIB
  • Indonesia Tetap Bersama Palestina di Tengah Pandemi

  • Oleh :
    • luska
Indonesia Tetap Bersama Palestina di Tengah Pandemi
Indonesia Tetap Bersama Palestina di Tengah Pandemi

Amman, INDONEWS.ID - Pandemi covid-19 melanda semua negara dan wilayah di atas bumi, tak terkecuali Palestina yang masih diduduki Israel. Baik di Tepi Barat maupun Gaza, warga Palestina juga terinfeksi meskipun jumlahnya relatif kecil. Dari sekitar 5,5 juta penduduknya, sejauh ini baru sekitar 560 kasus terinfeksi dan 9 orang meninggal dunia.

Selain di Tepi Barat dan Gaza, sekitar 5 juta pengungsi Palestina juga tersebar di Yordania, Lebanon dan Suriah. Mayoritas sejumlah 2,3 juta pengungsi Palestina telah tinggal di Yordania sejak tahun 1948. Lembaga pengungsi UNRWA yang sejak awal menyalurkan bantuan medis dan pendidikan bagi para pengungsi Palestina tersebut.

Baca juga : PIS Dukung Pemerintah Indonesia Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Dua lembaga swadaya masyarakat, yaitu “Sahabat Palestina Memanggil (SPM)” dan “Nusantara Palestina Centre (NPC)”, bekerjasama dengan KBRI Amman telah melakukan penggalanan dana dan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Palestina di Yordania. Kegiatan kemanusiaan ini dilakukan dalam rangka mengurangi beban sosial dan ekonomi para pengungsi di tengah menghadapi pandemi dan menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Bermitra dengan lembaga sosial “Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO)”, pada 17-18 Mei 2020, sekitar 600 paket sembako telah dibagikan untuk para pengungsi Palestina di kamp Talbiyah dan kamp pengungsi asal Gaza di Jerash. Dalam kegiatan kemanusiaan ini, Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, turut menyaksikan dan menyerahkan langsung bantuan kepada para pengungsi tersebut.

Baca juga : Traktat Pandemi Diharapkan Lindungi Manusia di Masa Datang

Meskipun banyak warga di tanah air yang membutuhkan bantuan akibat pandemi Covid-19, sebagian anggota masyarakat di Indonesia tetap menaruh perhatian dan kepedulian untuk membantu saudara mereka di Palestina. “Ini merupakan bukti bahwa dalam situasi apapun, termasuk di masa pandemi Covid-19, Indonesia tetap bersama Palestina”, tegas Dubes Andy.

Perhatian masyarakat Indonesia yang tidak pernah surut ini juga merupakan bentuk komitmen dan dukungan Indonesia dalam memperjuangkan hak rakyat Palestina memperoleh kemerdekaan sebagai negara dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Baca juga : Indonesia Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

 

Artikel Terkait
PIS Dukung Pemerintah Indonesia Wujudkan Kemerdekaan Palestina
Traktat Pandemi Diharapkan Lindungi Manusia di Masa Datang
Indonesia Dukung Palestina Jadi Anggota PBB
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas