INDONEWS.ID

  • Jum'at, 12/06/2020 18:01 WIB
  • Soal Vonis Bagi Penyerang NB, Ini Harapan Ketua KPK Firli Bahuri

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Soal Vonis Bagi Penyerang NB, Ini Harapan Ketua KPK Firli Bahuri
Ketua KPK Firli Bahuri dan Penyidik KPK Novel Baswedan (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, berharap hakim memberikan keputusan yang adil terkait kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan.

"Prinsipnya adalah kita sebagai negara hukum kita akan ikuti proses hukum. Nanti kita harapkan hakim memberikan keputusan seadil-adilnya," kata Firli di kantornya, Jakarta, Jumat, 12 Juni 2020.

Baca juga : Firli Bahuri Ingatkan Kepala Daerah Tidak Korupsi Karena Desakan Donatur Pilkada

Sebelumnya, jaksa menuntut Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis, dua polisi aktif yang menyiram air keras ke muka Novel dengan hukuman penjara selama satu tahun.

Jaksa menyatakan mereka terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 353 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau sesuai dengan dakwaan subsider.

Sejumlah pihak menilai tuntutan itu sangat rendah. Pusat Studi Hukum dan Konstitusi menyatakan majelis hakim perkara penyiraman air keras dapat mengabaikan tuntutan ringan jaksa kepada para terdakwa. PSHK meminta hakim menggunakan kewenangannya untuk menghukum maksimal dua polisi yang menjadi terdakwa kasus ini.

"Secara hukum, hakim diberi kebebasan untuk menilai fakta dan hukum yang disajikan dari persidangan berdasarkan dakwaan," kata peneliti PSHK, Giri Ahmad Taufik, lewat keterangan tertulis, Jumat, 12 Juni 2020.

Giri mengatakan kewenangan hakim untuk mengabaikan tuntutan tercantum dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 510 K/Pid.Sus/20014, Nomor 1616 K/Pid.Sus/2013, Nomor 68 K/Kr/1973, dan Nomor 47 K/Kr/1956.*

Artikel Terkait
Firli Bahuri Ingatkan Kepala Daerah Tidak Korupsi Karena Desakan Donatur Pilkada
Artikel Terkini
The Hermansyah Family Gelar Buka Puasa Bersama Karyawan di Pertengahan Bulan Ramadan
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas