INDONEWS.ID

  • Selasa, 07/07/2020 20:01 WIB
  • Kasus Positif Covid-19 Masih Tinggi, Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Waspada Penularan

  • Oleh :
    • Mancik
Kasus Positif Covid-19 Masih Tinggi, Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Waspada Penularan
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Hal ini terkonformasi dari angka kasus positif per hari yang menyentuh angka 1000 ke atas.

Beberapa provinsi yang ada yang di Indonesia menujukkan perkembangan kasus yang meningkat. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada pada potensi penularan virus corona.

Baca juga : Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa

"Peran serta masyarakat menjadi faktor penentu di dalam pengendalian ini," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Media Center BNPB, Jakarta, Selasa,(7/07/2020)

Achmad Yurianto menjelaskan, banyak manfaat jika masyarakat berperan aktif dalam mencegah penularan corona. Masyarakat mampu menghentikan laju kasus positif di Indonesia.

Baca juga : Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan

Selain itu, masyarakat juga membantu meringankan kerja rumah sakit yang hingga saat masih masih konsen dengan perawatan pasien Covid-19. Dengan demikian, tugas tenaga kesehatan dapat diringankan.

"Kita sadari sekarang bahwa rawatan penderita COVID tidak murah dan tidak mudah. Beban yang berlebihan bagi satu rumah sakit untuk merawat COVID-19 ini akan berdampak pada kerugian yang besar," ungkapnya.

Baca juga : Covid Berubah Status, Peralihan ke Endemi Kuncinya Partisipasi Masyarakat

Pada kesempatan ini, Achmad Yurianto juga meminta kepada masyarakat untuk tetap melaksankan protokol kesehatan dengan baik. Menggunkan masker dan jaga jarak tetap dijalan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kita yang bisa menghentikan sebaran ini. Tetap gunakan masker dengan cara yang benar, jaga jarak setidak-tidaknya lebih dari 1 meter, dan rajin mencuci tangan. Ini satu-satunya cara yang bisa kita lakukan," tutupnya.*

 

 

 

Artikel Terkait
Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa
Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan
Covid Berubah Status, Peralihan ke Endemi Kuncinya Partisipasi Masyarakat
Artikel Terkini
DR Rizal Sukma Terpilih menjadi Anggota Board of Advisers International IDEA
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024
Terinspirasi Langkah Indonesia, Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas