Nasional

Kasus Positif Covid-19 Masih Tinggi, Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Waspada Penularan

Oleh : Marsi Edon - Selasa, 07/07/2020 20:01 WIB

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Hal ini terkonformasi dari angka kasus positif per hari yang menyentuh angka 1000 ke atas.

Beberapa provinsi yang ada yang di Indonesia menujukkan perkembangan kasus yang meningkat. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada pada potensi penularan virus corona.

"Peran serta masyarakat menjadi faktor penentu di dalam pengendalian ini," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Media Center BNPB, Jakarta, Selasa,(7/07/2020)

Achmad Yurianto menjelaskan, banyak manfaat jika masyarakat berperan aktif dalam mencegah penularan corona. Masyarakat mampu menghentikan laju kasus positif di Indonesia.

Selain itu, masyarakat juga membantu meringankan kerja rumah sakit yang hingga saat masih masih konsen dengan perawatan pasien Covid-19. Dengan demikian, tugas tenaga kesehatan dapat diringankan.

"Kita sadari sekarang bahwa rawatan penderita COVID tidak murah dan tidak mudah. Beban yang berlebihan bagi satu rumah sakit untuk merawat COVID-19 ini akan berdampak pada kerugian yang besar," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Achmad Yurianto juga meminta kepada masyarakat untuk tetap melaksankan protokol kesehatan dengan baik. Menggunkan masker dan jaga jarak tetap dijalan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kita yang bisa menghentikan sebaran ini. Tetap gunakan masker dengan cara yang benar, jaga jarak setidak-tidaknya lebih dari 1 meter, dan rajin mencuci tangan. Ini satu-satunya cara yang bisa kita lakukan," tutupnya.*

 

 

 

Loading...

Artikel Terkait