INDONEWS.ID

  • Kamis, 16/07/2020 04:30 WIB
  • Pemerintah Ajak Masyarakat Dukung Tiga Upaya Menurunkan Angka Covid-19

  • Oleh :
    • Mancik
Pemerintah Ajak Masyarakat Dukung Tiga Upaya Menurunkan Angka Covid-19
Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Nasional, dr. Reisa Broto Asmoro.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengingatkan kepada terkait perkembangan Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini, pengembangan penelitian, pengetahuan tentang terapi terus dilakukan oleh pemerintah.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Kepmenkes Nomor HK. 01.07/menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 yang telah ditandatangani pada 13 Juli 2020. Beberapa perubahan yaitu menyebut definisi kasus dengan sebutan suspect, probable dan konfirmasi.

Baca juga : Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya

"Pemutakhiran, panduan tersebut, semakin menguatkan pelaksanaan arahan presiden, untuk tetap berkonsentrasi dan memassifkan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment. Khususnya, di wilayah Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Papua," kata Reisa di Media Center Gugus Tugas Nasional, Graha BNPB, Jakarta, Rabu,(15/07/2020) kemarin.

Ketiga upaya di atas yakni testing, tracing, dan treatment atau disebut 3T, menjadi kunci untuk menurunkan kasus positif setiap hari di seluruh Indonesia. Langkah ini disiapakan secara khusus untuk daerah dengan peningkatan kasus yang masih tinggi.

Baca juga : Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78

Pendekatan ini bertujuan untuk menekan angka penularan virus di masyarakat. Diharapkan, masyarakat mendukung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

"Menjaga jarak aman 1-2 meter dari orang lain ketika berada di kerumunan," ungkap Reisa.

Baca juga : Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum

Selain itu, pemerintah tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker setiap hari. Penggunaan masker dianjurkan ketika sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

Mencuci tangan juga penting untuk dilakukan. Setelah memegang benda yang berpotensi menularkan virus, disarankan membersihkan tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Pada kesempatan ini, Dokter Reisa meminta kepada masyarakat untuk mendukung langkah pemerintah, khususnya terkait dengan upaya testing, tracing, dan treatment. Dengan demikian, kasus positif Covid-19 dapat ditekan sampai angka paling rendah.

"Mari dukung 3T yang dikeluarkan oleh pemerintah dan lakukan 3 Jurus Jitu diatas sebagai bukti kita saling bergotong royong,berkolaborasi dan bersatu untuk melawan Covid-19," tutupnya.

 

Artikel Terkait
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas