INDONEWS.ID

  • Senin, 20/07/2020 18:05 WIB
  • Rektor UMSB : Peran Alumni Sangat Besar untuk Kemajuan Universitas Muhammadiyah

  • Oleh :
    • luska
Rektor UMSB : Peran Alumni Sangat Besar untuk Kemajuan Universitas Muhammadiyah

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Dr. Riki Saputra mengakui peran alumni Universitas Muhammadiyah sangat besar untuk kemajuan Universitas Muhammadiyah kedepannya apalagi dengan telah adanya wadah alumni tentu akan mampu menjalin silaturahmi kembali antar Universitas Muhammadiyah dengan alumninya yang sudah bertebaran diseluruh Indonesia.

Hal itu diungkapkan Riki Saputra dalam rapat kerja Alumni Muhammadiyah Sumetera Barat priode 2020-2024 yang dilaksanakan di aula pertemuan Pengadilan agama Batusangkar dan juga dihadiri oleh Anggota Badan Penyelenggara Harian (BPH) UMSB Marhadi Efendi, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tanah Datar H. Juliasman Khas, ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Limo Kaum, Ketua Umum IA-UMSB H. Syahrizal Dt. Palang Gagah, ST, dan segenap unsur pengurus IA-UMSB.

Baca juga : Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI

Selanjutnya Rektor memaparkan upaya yang kini dilakukan dalam rangka pengembangan kampus terutama untuk fakultas-fakultas yang ada di luar Kota Padang. Salah satunya adalah membangun gedung untuk aktifitas FKIP yang selama ini ada di Kauman.

“Kita butuh dukungan dari para alumni. Berbagai program pengembangan kampus di Bukittinggi, Payakumbuh, dan Padang Panjang mulai kita realisasikan, di antaranya mengembangkan fakultas-fakultas dan sarana pendukungnya,”.

Baca juga : Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni

“Khusus untuk FKIP yang berkampus di Kauman, secara bertahap akan kita kembangkan kampus barunya. Kini sudah ada tanah yang dihibahkan oleh pemerintah daerah. Secepatnya akan kita bangun gedung baru. Di situ nanti juga akan ada program pascasarjana Ilmu Pendidikan,” 

Kehadiran para alumni dengan sebuah sistem organisasi yang baik, diyakini dapat membantu mengembangkan lembaga pendidikan tinggi milik Persyarikatan Muhammadiyah itu di masa mendatang. Kuncinya, ujar rektor, diperlukan adanya sinergitas dan memperkuat ikatan emosional sesama alumni.

Baca juga : Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril Serahkan Bantuan Kepada Bupati Tanah Datar

“Ikatan emosional adalah modal kuat organisasi alumni, terutama IA-UMSB. Untuk itu perlu terus kita bangun dengan cara memperbanyak silaturahim. Alumni di sebuah perguruan tinggi menjadi inspirator bagi adik-adik sedang menekuni kuliah di UMSB,” 

Sementara itu  anggota BPH UMSB Marhadi Efendi.  Meminta  sesama alumni harus saling menguatkan, sehingga keberadaan organisasi dan almamater semakin diperhitungkan di tengah-tengah masyarakat. Dan jangan disebut   organisasi alumni itu sekadat halal bi halal, tapi jadikanlah organisasi sebagai wadah yang akan diperhitungkan orang banyak,” 

Sedangkan Ketua PDM Muhammadiyah Yuliasman menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pengurus Alumni UMSB yang telah menunjuk Tanahdatar sebagai tuan rumah pertemuan rapat kerja Alumni karena dia melihat potensi alumni ini sangat besar  dan rangkul semua alumni dengan segala potensi yang kita miliki dan apapun jurusannya 

Disamping itu  perlunya juga.  alumni IA-UMSB menjalin silaturahim dengan Persyarikatan Muhammadiyah, dan  meminta, IA-UMSB dapat mendata para alumni, lalu data itu diberikan kepada pimpinan persyarikatan, sehingga dapat dilibatkan untuk pengembangan organisasi.

Sedangkan Ketua Alumni Dt. Palang Gagah dalam laporannya menegaskan, pihaknya siap bekerjasama dengan PDM guna meningkatkan peran alumni dalam mendukung pengembangan UMSB di masa mendatang

“Kita siap bersinergi dengan pimpinan UMSB dan pimpinan Muhammadiyah. Dan salah satu diantaranya upaya kita lakukan bisa menyamakan visi dan Misi sesama alumni dan melihat kehadiran seluruh pengurus Alumni yang lengkap ikut raker ini sebuah buah bukti ada keinginan yang sama dari para alumni untuk terus melakukan silaturahmi untuk menjadi organisasi ini lebih maju dan mandiri dan pengurus yang datang tidak saja dari berbagai Kabupaten/Kota disumbar juga dari Pekanabaru dan mudahan mudahan Raker yang dilaksanakan kali ini, diharap dapat merumuskan program ke arah  tersebut ujarnya lagi.(M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni
Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril Serahkan Bantuan Kepada Bupati Tanah Datar
Artikel Terkini
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045, Kalimantan Barat Tawarkan Visi Pembangunan Berkelanjutan
Kemenparekraf Kick Off Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan dan Minuman di 3.000 Desa Wisata
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas