INDONEWS.ID

  • Kamis, 23/07/2020 06:30 WIB
  • Terima Bantuan Mobil Laboratorium PCR, Doni Monardo: untuk Penanganan Covid-19 Jabar

  • Oleh :
    • Mancik
Terima Bantuan Mobil Laboratorium PCR, Doni Monardo: untuk Penanganan Covid-19 Jabar
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo, menerima bantuan satu unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) senilai Rp4,1 miliar dari PT Mastindo Mulia untuk penanganan COVID-19 di Jawa Barat.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerima bantuan satu unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) senilai Rp4,1 miliar dari PT Mastindo Mulia untuk penanganan Covid-19. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Direktur PT Mastindo Mulia Yazirwan Uyun kepada Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Doni menjelaskan bahwa bantuan mobil laboratorium PCR ini akan didistribusikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Diharapkan, keberadaan mobil laboratorium PCR tersebut dapat mempercepat penanganan Covid-19 di Jabar.

Baca juga : Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa

"Mobil laboratorium PCR ini akan kami distribusikan langsung kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat," jelas Doni dalam keterangannya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Rabu, (22/07/2020) kemarin.

Doni kemudian menjelaskan, Satgas Penanganan Covid-19 mendistribusikan bantuan mobil laboratorium PCR atas instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Wododo dan pengajuan bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga : Gercep! SiCepat Ekspres Salurkan Donasi ke JQR Guna Bangun Dapur Umum bagi Korban Longsor Jawa Barat

"Kami mendistribusikan bantuan mobil laboratorium PCR ini atas instruksi Presiden RI untuk penanganan COVID-19 di Jawa Barat serta pengajuan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat," ungkap Doni.

Doni yang juga merupakan Kepala BNPB sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PT Mastindo Mulia dan berharap agar bantuan ini dapat menjangkau daerah yang belum memperoleh kebutuhan tes PCR.

Baca juga : Rasyid Rajasa pernah Terlibat Kasus Hukum, Kini Caleg DPR RI

"Kami sangat mengapresiasi bantuan mobil laboratorium PCR dari PT Mastindo Mulia dan semoga mobil ini dapat menjangkau daerah di Jawa Barat yang belum memperoleh kebutuhan tes PCR,” ucapnya.

Untuk diketahui, satu unit mobil laboratorium PCR dari PT Mastindo Mulia menggunakan chassis Mitsubishi Canter (2019/2020) yang dilengkapi dengan kapasitas 96 wells/holes sekali jalan. Selain itu, ada alat ekstraksi otomatis sehingga dapat mencapai kapasitas pemeriksaan hingga 30 ribu sampel spesimen per bulan.

Mobil laboratorium ini memiliki Bio Safety Cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter. Ada fasilitas pengaman untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).*

 

Artikel Terkait
Prof Tjandra Raih Rekor MURI Sebagai Penulis Artikel COVID-19 Terbanyak di Media Massa
Gercep! SiCepat Ekspres Salurkan Donasi ke JQR Guna Bangun Dapur Umum bagi Korban Longsor Jawa Barat
Rasyid Rajasa pernah Terlibat Kasus Hukum, Kini Caleg DPR RI
Artikel Terkini
Mendagri Minta Pemerintah Daerah Jaga Stabilitas Laju Inflasi Usai Libur Lebaran
Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program
Kemendagri: Jadikan Musrenbang sebagai Wadah Pengentasan Kemiskinan Ekstrem
Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura
Serius Maju Pilgub NTT 2024, Ardy Mbalembout Resmi Mendaftar di DPD Demokrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas