INDONEWS.ID

  • Rabu, 19/08/2020 16:59 WIB
  • Semarak HUT Kemerdekaan, Pemerintah Luncurkan Prangko Seri Presiden Jokowi Hingga Bimbo

  • Oleh :
    • Ronald
Semarak HUT Kemerdekaan, Pemerintah Luncurkan Prangko Seri Presiden Jokowi Hingga Bimbo
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin mengatakan prangko merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah baru saja menerbitkan empat seri prangko dalam suasana perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia. Empat seri prangko yang diluncurkan hari ini adalah seri presiden dan wakil presiden, seri 75 tahun kemerdekaan, seri penanggulangan COVID-19, dan seri artis dan grup musik tanah air ternama. 

"Prangko memiliki aktualitas atau peristiwa yang terjadi pada suatu waktu. Meski pun kepingan kecil, tapi, sangat sarat makna mengandung berbagai fenomena," kata Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin, saat peluncuran yang disiarkan secara virtual, Rabu (19/8/2020).

Baca juga : Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD

Ma`ruf menuturkan, prangko merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia.

"Prangko membuktikan bukan hanya sebagai alat bayar pengiriman pos, tapi, juga media visualisasi nilai keberagaman masyarakat, bahkan kedaulatan suatu negara," kata Ma`ruf Amin.

Baca juga : Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional

Dalam jumpa pers yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johhny G Plate menceritakan makna-makna yang terkandung dalam empat seri prangko yang diterbitkan hari ini.

"Prangko memiliki nilai yang tinggi dalam hubungan internasional, pendidikan, dan sebagai media promosi bagi segala kekayaan dan keunggulan bangsa dan negara kita. Serta menjadi alat untuk mengabadikan peristiwa yang sifatnya fenomenal," kata Johnny.

Baca juga : Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua

Prangko peringatan kemerdekaan indonesia ke-75, seperti dikatakan Johnny merupakan memorabilia sejarah panjang kehidupan berbangsa dan bernegara. Peringatan kemerdekaan tahun ini berbeda karena Indonesia sedang berjuang menghadapi pandemi virus corona.

"Mengenang pahlawan kemerdekaan sekaligus mengenang jasa pahlawan kesehatan dalam darurat kesehatan di zaman sekarang yang juga mempertaruhkan jiwa dan raga memerangi pandemi Covid-19," kata Johnny.

"Kita patut mengungkapkan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang terlibat yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi saat ini. Penerbitan prangko terkait Covid-19 ini menjadi peristiwa yang sangat langka," sambungnya.

Sementara seri prangko seri presiden dan wakil presiden. Ia mengatakan, seri presiden dan wakil presiden itu adalah upaya penghormatan kepada kepala negara yang merupakan salah satu bentuk dokumentasi untuk tokoh.

"Prangko presiden dan wapres selalu ditunggu kehadirannya di negara kita, presiden dan wapres selalu diabadikan ketokohannya dalam bentuk prangko khusus, negara-negara lain juga memiliki kebiasaan dimana penghormatan kepada kepala negaranya dilakukan dalam penerbitan prangko," ungkapnya.

Selain itu, ada juga prangko seri artis dan grup musik ternama yang merupakan penghargaan kepada para seniman yang berjasa dalam mengembangkan seni musik Indonesia. Seniman yang diabadikan dalam seri prangko ini adalah Titiek Puspa, Gesang, Gombloh, Koes Plus, Panbers, Bimbo dan God Bless. (rnl)

Artikel Terkait
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas