INDONEWS.ID

  • Rabu, 19/08/2020 16:59 WIB
  • Semarak HUT Kemerdekaan, Pemerintah Luncurkan Prangko Seri Presiden Jokowi Hingga Bimbo

  • Oleh :
    • Ronald
Semarak HUT Kemerdekaan, Pemerintah Luncurkan Prangko Seri Presiden Jokowi Hingga Bimbo
Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin mengatakan prangko merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah baru saja menerbitkan empat seri prangko dalam suasana perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia. Empat seri prangko yang diluncurkan hari ini adalah seri presiden dan wakil presiden, seri 75 tahun kemerdekaan, seri penanggulangan COVID-19, dan seri artis dan grup musik tanah air ternama. 

"Prangko memiliki aktualitas atau peristiwa yang terjadi pada suatu waktu. Meski pun kepingan kecil, tapi, sangat sarat makna mengandung berbagai fenomena," kata Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin, saat peluncuran yang disiarkan secara virtual, Rabu (19/8/2020).

Baca juga : Panglima TNI Tutup Pendidikan Reguler Sesko TNI Angkatan 47 Tahun 2020

Ma`ruf menuturkan, prangko merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia.

"Prangko membuktikan bukan hanya sebagai alat bayar pengiriman pos, tapi, juga media visualisasi nilai keberagaman masyarakat, bahkan kedaulatan suatu negara," kata Ma`ruf Amin.

Baca juga : Perkokoh Benteng Ideologi Bangsa Hadapi Terorisme dan Radikalisme

Dalam jumpa pers yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johhny G Plate menceritakan makna-makna yang terkandung dalam empat seri prangko yang diterbitkan hari ini.

"Prangko memiliki nilai yang tinggi dalam hubungan internasional, pendidikan, dan sebagai media promosi bagi segala kekayaan dan keunggulan bangsa dan negara kita. Serta menjadi alat untuk mengabadikan peristiwa yang sifatnya fenomenal," kata Johnny.

Baca juga : Mendagri Serahkan SK Plt. dan Plh., serta Lantik Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan Ahli Utama di Lingkungan Kemendagri

Prangko peringatan kemerdekaan indonesia ke-75, seperti dikatakan Johnny merupakan memorabilia sejarah panjang kehidupan berbangsa dan bernegara. Peringatan kemerdekaan tahun ini berbeda karena Indonesia sedang berjuang menghadapi pandemi virus corona.

"Mengenang pahlawan kemerdekaan sekaligus mengenang jasa pahlawan kesehatan dalam darurat kesehatan di zaman sekarang yang juga mempertaruhkan jiwa dan raga memerangi pandemi Covid-19," kata Johnny.

"Kita patut mengungkapkan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang terlibat yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi saat ini. Penerbitan prangko terkait Covid-19 ini menjadi peristiwa yang sangat langka," sambungnya.

Sementara seri prangko seri presiden dan wakil presiden. Ia mengatakan, seri presiden dan wakil presiden itu adalah upaya penghormatan kepada kepala negara yang merupakan salah satu bentuk dokumentasi untuk tokoh.

"Prangko presiden dan wapres selalu ditunggu kehadirannya di negara kita, presiden dan wapres selalu diabadikan ketokohannya dalam bentuk prangko khusus, negara-negara lain juga memiliki kebiasaan dimana penghormatan kepada kepala negaranya dilakukan dalam penerbitan prangko," ungkapnya.

Selain itu, ada juga prangko seri artis dan grup musik ternama yang merupakan penghargaan kepada para seniman yang berjasa dalam mengembangkan seni musik Indonesia. Seniman yang diabadikan dalam seri prangko ini adalah Titiek Puspa, Gesang, Gombloh, Koes Plus, Panbers, Bimbo dan God Bless. (rnl)

Artikel Terkait
Panglima TNI Tutup Pendidikan Reguler Sesko TNI Angkatan 47 Tahun 2020
Perkokoh Benteng Ideologi Bangsa Hadapi Terorisme dan Radikalisme
Mendagri Serahkan SK Plt. dan Plh., serta Lantik Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan Ahli Utama di Lingkungan Kemendagri
Artikel Terkini
Panglima TNI Tutup Pendidikan Reguler Sesko TNI Angkatan 47 Tahun 2020
Perkokoh Benteng Ideologi Bangsa Hadapi Terorisme dan Radikalisme
Mendagri Serahkan SK Plt. dan Plh., serta Lantik Pejabat Fungsional Analisis Kebijakan Ahli Utama di Lingkungan Kemendagri
Selamat! Jetti Rosila Hadi Raih Penghargaan Tokoh Penggiat Ekonomi Halal BI Award 2020
Luhut ke Luar Negeri, Mentan Syahrul Jadi Plt Menteri Kelautan dan Perikanan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir