INDONEWS.ID

  • Rabu, 21/10/2020 16:24 WIB
  • 6 Tips untuk Menjaga Keamanan Siber bagi Bisnis Kecil

  • Oleh :
    • very
6 Tips untuk Menjaga Keamanan Siber bagi Bisnis Kecil
Keamanan siber bagi bisnis kecil. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Banyak pemilik usaha mikro berpikir bahwa bisnis mereka terlalu kecil untuk menjadi target para peretas. Namun faktanya, serangan siber pada usaha mikro adalah hal yang biasa dan terus meningkat setiap tahunnya. Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak boleh menganggap enteng serangan siber. Serangan dunia maya bisa menjadi bencana yang besar. Inilah mengapa Anda perlu berinvestasi pada perangkat lunak terbaik serta dalam layanan keamanan digital.

Mengapa penjahat dunia maya menargetkan bisnis kecil?

Alasan yang paling masuk akal adalah pengumpulan data. Pembobolan data melibatkan berbagai informasi mulai dari dokumen, kekayaan intelektual, hingga informasi kartu kredit dan keuangan. Penjahat siber bahkan dapat menggali informasi mengenai karyawan dan pelanggan Anda. Menurut studi pada tahun 2017, total kerugian rata-rata akibat pembobolan data yaitu hingga 3,62 juta dolar. Tak sampai disitu, peretas bisa saja menyandera informasi penting bisnis Anda dan meminta tebusan untuk itu.

Baca juga : Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik

Jenis ancaman siber terhadap bisnis kecil

Phishing

Ancaman ini mengandalkan email untuk menipu korban. Penipuan ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dikenali. Namun, di Amerika Serikat, kejahatan jenis ini telah merugikan korbannya hingga 5 miliar dolar dalam tiga tahun terakhir. Phishing terjadi saat penjahat dunia maya mencoba mengelabui penerima email agar membuka lampiran atau mengeklik tautan berbahaya yang mereka kirim. Metode kejahatan dunia maya ini sangat populer.

Baca juga : Masuk Tahun ke-17, Lesehan Enduro Kembali Hadir Temani Perjalanan Mudik Anda di Tahun 2024

Watering Hole

Watering hole adalah teknik untuk mengubah situs yang sering dikunjungi menjadi berbahaya dengan menginjeksi Malware tanpa sepengetahuan pemilik situs. Cara peretas melakukan teknik ini adalah dengan membuat pengguna situs mengklik tautan atau mengunduh berkas.

Baca juga : Menparekraf Dorong Dunia Usaha Manfaatkan KI Lokal dalam Strategi Branding dan Promosi

Drive-by Download

Drive-by Download adalah teknik umum yang sering digunakan peretas untuk menginstal Malware akibat terunduhnya perangkat lunak secara otomatis. Ini biasa terjadi pada situs yang tidak memiliki sistem keamanan atau telah usang.

6 Tips menjaga keamanan siber

  1. Gunakan Firewall yang kuat dan selalu perbarui perangkat lunak

Firewall adalah solusi keamanan siber untuk mencegah orang yang tidak berwenang mendapatkan akses ke jaringan dan data yang tersimpan. Tidak semua Firewall memiliki fungsi yang sama. Menginvestasikan dana dalam pemanfaatan Firewall yang kuat adalah hal yang tepat dalam bisnis. Selain itu, selalu perbarui perangkat lunak sistem keamanan karena kerentanan biasanya ditemukan pada perangkat lunak yang telah usang. Jika perlu, terapkan pembaruan otomatis dan buat jadwal khusus apabila dibutuhkan pemutakhiran secara manual.

2. Buat dan terapkan kebijakan kata sandi

Anda harus menerapkan kebijakan kata sandi dan mengharuskan semua pengguna jaringan untuk menyetel kata sandi yang kuat dan aman. Kata sandi yang kuat dan unik harus digunakan untuk semua sistem. Ajari karyawan untuk membuat kata sandi yang aman. Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengelola kata sandi agar lebih kuat.

3. Manfaatkan VPN dan lindungi jaringan Wi-Fi Anda

VPN atau Virtual Private Network dapat sangat membantu bisnis Anda dalam mengamankan informasi. Jaringan VPN online mampu mengenkripsi semua lalu lintas yang keluar dna masuk perangkat Anda. Apabila seseorang yang tidak berwenang berhasil mencegat data Anda, maka yang mereka dapatkan hanyalah data yang terenkripsi. Selain itu, lindungi jaringan nirkabel di tempat kerja Anda. Pastikan jaringan diamankan, dienkripsi, dan disembunyikan dengan tidak menyiarkan SSID. Gunakan WPA2 untuk enkripsi dan pastikan ruter tidak dapat diakses dari luar jaringan.

4. Otentikasi multi faktor

Otentikasi multi faktor melibatkan penggunaan kata sandi dengan satu atau metode otentikasi lainnya. Apabila kredensial dibobol, maka diperlukan faktor tambahan seperti pesan ke ponsel atau email untuk memiliki akses masuk.

5. Segmentasi jaringan

Segmentasi jaringan untuk membaginya menjadi sub jaringan adalah tindakan yang wajib Anda lakukan. Ini tidak hanya akan meningkatkan keamanan tetapi juga dapat meningkatkan kinerja. Dengan mencegah akses antar segmen akan membuat peretas tidak memiliki akses ke semua sistem dan data apabila satu bagian jaringan disusupi. Pastikan pula Anda membatasi akses ke seluruh data sensitif dan penggunaan kredensial admin. Terapkan aturan pengecualian. Jangan berikan akses data, jaringan, dan perangkat lunak pada karyawan yang tidak memerlukan tugas tertentu.

6. Mencadangkan data secara berkala

Penting untuk mencadangkan data perusahaan secara berkala. Jika terjadi bencana, seperti serangan Ransomware, maka Anda dapat memulihkan data-data penting. Pencadangan data juga harus diuji untuk memastikan seluruh berkas dapat dipulihkan. Jangan menunggu hingga terjadi bencana untuk menguji apakah data dapat dipulihkan. Strategi yang bagus untuk bisnis adalah metode 3 - 2 - 1. 3 salinan cadangan, 2 pada jenis media yang berbeda, dan 1 salinan disimpan dengan aman di lokasi tersembunyi.

Selain mengamankan bisnis Anda dengan berbagai peralatan dan sistem keamanan, diperlukan pula budaya kesadaran dan keamanan siber bagi seluruh pekerja. Perlu untuk mendorong karyawan ikut berpartisipasi untuk melindungi informasi perusahaan. Hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran adalah dengan memberi pelatihan singkat mengenai keamanan siber. Hal ini dirasa penting karena sering kali serangan Phishing menyerang para karyawan yang tidak memiliki pengetahuan lebih tentang teknologi. (*)

 

Artikel Terkait
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Masuk Tahun ke-17, Lesehan Enduro Kembali Hadir Temani Perjalanan Mudik Anda di Tahun 2024
Menparekraf Dorong Dunia Usaha Manfaatkan KI Lokal dalam Strategi Branding dan Promosi
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Mengenal Lebih Jauh Ayush Systems of Medicine India dan Perannya di WHO
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas