INDONEWS.ID

  • Rabu, 18/11/2020 14:39 WIB
  • Mayjen Pol (Purn.) Putera Astaman Dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta

  • Oleh :
    • indonews
Mayjen Pol (Purn.) Putera Astaman Dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta
Mayor Jenderal Pol. (Purn) I Gusti Putera Astaman dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, pada Rabu (18/11). (Foto: Indonews.id)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Mayor Jenderal Pol. (Purn) I Gusti Putera Astaman dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, pada Rabu (18/11). Pencetus “Samsat” sekaligus mantan Deputi Kapolri ini dimakamkan sekitar pukul 11:20 WIB.

Jenazah almarhum tiba di Kalibata sekitar pukul 11:15. Adapun yang bertugas sebagai Inspektur Upacara yakni Irjen Pol Drs. Priyo Widiyanto, MM.

Baca juga : Polisi Jemput Paksa Muhamad Andika Mowardi Pelapor Gahtan Saleh Hilabi, Ternyata Positif Narkoba, Diduga Bandar dan Pedagang Senpi

Acara pemakaman dimulai dengan tembakan ke udara, kemudian jenazah diturunkan ke tanah secara perlahan. Lalu dilanjutkan dengan penimbunan liang lahat oleh petugas makam.

Selanjutnya diikuti peletakan karangan bunga oleh Ketua Umum (Pepabri) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, dan Jenderal Polisi (purn.) Bambang Hendarso Danuri dan perwakilan keluarga.

Baca juga : Ramadan Art Expo 2024 di MULA Galeri CITOS: dari Orasi Budaya Dr. Hendrajit, Pembacaan Puisi Hingga Monolog Hermana

Setelah itu dilakukan penaburan bunga oleh keluarga besar dan para hadirin.

Tampak hadir di acara pemakaman itu beberapa tokoh nasional antara lain mantan Wakil Presiden Jendral TNI (Purn) Tri Sutrisno, Jendral Pol (purn) Bambang Hendarso Danuri, Komjend Pol (Purn) Ahwil Lutan, mantan Kepala BNN, beserta tokoh-tokoh nasional lainya.

Baca juga : Nahas 3 Orang Tewas dalam Tragedi Tembok SPBU di Tebet, Polisi Gali Kesaksian

Pemimpin redaksi Indonews.id, Asri Hadi (Bang Buyung) juga hadir dalam penghormatan terakhir terhadap mantan Deputi Kapolri di bidang Operasi tersebut.

Almarhum dilahirkan di Denpasar pada 10 Juni 1938. Almarhum meninggalkan seorang istri, I Gusti Ayu Made Sutiti dan 4 anak yaitu 3 pria dan 1 wanita, dan 8 cucu.

Mayjen Pol (Purn) Putera Astaman dikenal sebagai konseptor Samsat dan Patroli Keamanan Sekolah saat menjabat sebagai Deputi Operasi Kapolri. Hal inilah yang menjadikan mantan Dirlantas Polda Metro Jaya ini dengan julukan “Mbah Samsat”.

Mayjen Putra Astaman meninggal di Rumah Sakit Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 13 November 2020 pukul 19:00 WIB. Beliau meninggal dalam usia 82 tahun. (Andreno Pratama)

 

Artikel Terkait
Polisi Jemput Paksa Muhamad Andika Mowardi Pelapor Gahtan Saleh Hilabi, Ternyata Positif Narkoba, Diduga Bandar dan Pedagang Senpi
Ramadan Art Expo 2024 di MULA Galeri CITOS: dari Orasi Budaya Dr. Hendrajit, Pembacaan Puisi Hingga Monolog Hermana
Nahas 3 Orang Tewas dalam Tragedi Tembok SPBU di Tebet, Polisi Gali Kesaksian
Artikel Terkini
Mendagri Lantik Sadali Ie sebagai Pj. Gubernur Maluku
BNPP Bersama K/L Susun Bahan Masukan Renaksi Tahun 2025 Terkait Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Laut
Raih Juara Dua "SPM Awards 2024", Pj Bupati Karanganyar: Tujuan Kami Bukan Penghargaan, Ini Hanya Bonus
Ini 5 Fitur Unggulan iPhone 15 Pro Max yang Perlu Anda Ketahui
Pj Bupati Maybrat hadiri Gala Dinner Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas