INDONEWS.ID

  • Kamis, 03/12/2020 10:58 WIB
  • Mendes PDTT Berikan Penghargaan kepada Nagari Salimpaung

  • Oleh :
    • luska
Mendes PDTT Berikan Penghargaan kepada Nagari Salimpaung

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  Drs A Halim Iskandar Mpd berikan penghargaan kepada Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung  yang telah menyalurkan bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa Tahun anggaran tahun 2020.

Penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmiragrasi itu diserahkan melalui pendamping Desa Hafizul Chair, M. Hum Kantor wali Nagari salimpaung.

Baca juga : Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Nagari salimpuang ini penghargaan yang kedua diperolehnya dalam bulan ini dan sebelumnya juara tiga perpustakaan terbaik tingkat Sumatera Barat ujar Wali Nagari Salimpaung Marjohan dan prestasi itu tidak terlepas atas dukungan dari seluruh perangkat Nagari, BPRN dan Kerapatan adat Nagari bersama perantau Nagari salimpaung karena tanpa kebersamaan prestasi itu tidak mungkin bisa diperoleh.

Kemudian terkait dengan bantuan  Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumberkan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020 dan itu merupakan komitmennya bagaimana dana BLT ini bisa kita salurkan segera apalagi masyarakat kira sangat membutuhkan bantuan ditengah pandemic saat ini.

Baca juga : Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak

Sehingga begitu adanya petunjuk dari Kementerian Desa tertinggal terkait dengan dana BLT yang bersumber dana desa tahun 2020 langsung kita alokasikan setelah sebelumnya kita mendapat masukan dari Pemerintah Kabupaten tanahdatar, Camat termasuk dari tenaga pendamping Desa dan melalui koordinasi dengan pemerintah Kecamatan Salimpaung kita bersama dengan wali Nagari lainnya di Kecamatan Salimpaung melakukan Launching BLT Dana desa pada tanggal 15 Mei tahun 2020 dan juga mendapat penghargaan yang sama dari Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi.

Penghargaan yang diraih nagarinya tidak terlepas dari peranan Wali jorong dan siang malam bekerja untuk melakukan pendataan  yang ada di wilayahnya. Terutama dalam menentukan usulan warga yang berhak menerima, dengan melakukan kunjungan langsung di lapangan. Sehingga ketepatan dan kecepatan dalam pendistribusian BLT Dana Desa kepada masyarakat dimasa pendemi covid-19 ini, bisa terlaksana dengan baik sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan "Penyaluran dan pendistribusian yang dilakukan, sudah dilakukan secara benar sesuai petunjuk, yaitu melalui rekening bank. Namun apabila tidak ada bank disekitar wilayahnya, maka dapat disalurkan secara tunai dengan syarat tidak ada data penerima yang tumpang tindih,” 

Baca juga : Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI

Alhamdulilah proses bantuan BLT yang kita berikan berlangsung dengan sukses dan tidak itu bantuan yang diterima warganya tidak saja berasal dari dana bantuan pemerintah tapi juga berasal  group ketek bakawan dan Gadang badunsanak (KGKB) Nagari Salimpaung  dan group ini telah banyak   membantu warganya  memberikan ratusan masker juga memberikan sembako kepada warga Nagari salimpaung yang dipimpin oleh Afrizon Dt junjuang yang tidak saja dalam bentuk kegiatan sosial,pendidikan tapi juga untuk kegiatan keagamaan termasuk bantuan sembako kepada keluarga tidak mampu untuk masyarakat ditengah pandemic sekarang ini.

Sementara itu Tenaga pendamping Desa Hafizul Chair M.Hum  menyampaikan aspresiasi kepada wali Nagari Salimpaung yang telah menerima pengharhaan langsung dari Menteri Desa Tertinggal karena Nagari ini telah   yang telah melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumberkan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020.dan  penghargaan ini diberikan kepada Wali Nagari Salimpaung Marjohan  yang telah melaksanakan Penyaluran BLT Dana desa Tahap I sesuai dengan batas waktu yang ditentukan dan sebagai  Pendamping desa P3MD Kabupaten Tanah Datar yang ditugaskan  mendampingi dan mengawasi mulai dari  proses awal pendataan, penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  melalui MUSDES Khusus dan  sampai penyaluran BLT dana desa  semua proses berjalan dengan lancar dan penerima manfaat BLT Dana desa ini tepat sasaran sesuai dengan peraturan sehingga masyarakat ikut terbantu dengan adanya bantuan yang diberikan tersebut (M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Artikel Terkini
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat Diwarnai Peluncuran Program PAITUA
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas