INDONEWS.ID

  • Rabu, 20/01/2021 11:49 WIB
  • Ajak Berbagai Angkatan, Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo: Saat Ini Polri Solid

  • Oleh :
    • very
Ajak Berbagai Angkatan, Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo: Saat Ini Polri Solid
Komjen Listyo Sigit Prabowo, saat mengikuti fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1). (Foto: Kumparan.com)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak koleganya dari berbagai angkatan di Polri untuk hadir dalam uji kelayakan dan kepatutan yang dijalaninya di Ruang Rapat Komisi III DPR, Jakarta, Rabu.

"Hadir yang mendampingi susunannya adalah urutan senior mulai dari angkatan 87, 88, 89, 90, kami 91 dan adik-adik kami. Jadi saat ini Polri solid pak," kata Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR RI tersebut.

Listyo mengatakan, dalam uji kelayakan tersebut dirinya juga didampingi beberapa pejabat internal Polri antara lain Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, Kadiv Propam Irjen Pol Ferdi Sambo, dan Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada.

Diantar Langsung Kapolri

Baca juga : Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis ikut juga mengantarkan Listyo Sigit menjalani uji kelayakan calon Kapolri tersebut.

"Saya baru saja mengantar Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjalankan fit and proper test dalam rangka pencalonan beliau sebagai kapolri ke-25," kata Idham Azis di lokasi, Rabu (20/1).

Baca juga : Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum

Idham mengatakan, sikap ini merupakan bagian dari pembelajaran kepada para junior. Sejauh ini, regenerasi berjalan baik dan mulus.

"Ini saya lakukan untuk memberi pelajaran kepada generasi polri bahwa pergantian kepemimpinan polri itu adalah suatu keniscayaan. Untuk memberi gambaran bahwa institusi Polri regenerasinya berjalan dengan baik dan mulus," kata Idham Azis seperti dikutip Kumparan.com.

Baca juga : Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Dia mengatakan, bahwa apa yang telah diputuskan oleh Bapak Presiden sebagai pimpinan tertinggi Polri di internal Polri hanya ada dua kita laksanakan dan kita amankan.

Idham mengatakan, proses mengantar Sigit ke DPR merupakan tradisi yang harus terus dijalankan ke depan. Sehingga menunjukkan internal Polri sangat solid.

"Dengan saya mengantar beliau ini merupakan tradisi baru yang harus kita tumbuh kembangkan dan jadi pembelajaran bagi generasi Polri berikutnya sehingga dalam internal solid," ujarnya.

Idham memastikan para senior Komjen Sigit akan mengantar dan mendampingi proses ini sampai pelantikan berlangsung. Karena itu, dia meminta doa dari semua pihak agar proses ini berjalan lancar.

"Saya juga didampingi sama senior saya adik-adik saya bahwa kita semua mempunyai kewajiban untuk mengantar Bapak Komjen Sigit sampai nanti pelantikan beliau oleh Bapak Presiden sehinga beliau mejadi Kapolri yang ke-25," ucap Idham.

Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pada Rabu dengan menerapkan prokotol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Berdasarkan jadwal uji kepatutan, pukul 10.00-12.00 WIB merupakan paparan calon Kapolri dari makalah yang telah dibuatnya dan diserahkan kepada Komisi III DPR.

Dalam waktu tersebut, calon Kapolri diberi kesempatan memaparkan visi-misinya di hadapan para anggota Komisi III DPR.

Setelah itu uji kelayakan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB dengan agenda pendalaman terkait visi-misi calon Kapolri yaitu para anggota Komisi III DPR mengajukan pertanyaan.

Uji kelayakan calon Kapolri tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry didampingi para Wakil Ketua Komisi III DPR RI yaitu Ahmad Sahroni, Desmond J Mahesa, Pangeran Khairul Saleh, dan Adies Kadir. Selain itu juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (Very)

Artikel Terkait
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas