INDONEWS.ID

  • Minggu, 14/02/2021 16:29 WIB
  • Ke Pacitan, Jokowi Resmikan Bendungan Tukul

  • Oleh :
    • Ronald
Ke Pacitan, Jokowi Resmikan Bendungan Tukul
Jokowi hendak berangkat ke Pacitan, Jawa Timur untuk meresmikan Bendungan Tukul, Minggu (14/2). (Foto : Biro Pers Setneg)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Minggu (14/2) mengunjungi Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga diagendakan meresmikan operasional Bendungan Tukul.

Untuk diketahui, Bendungan Tukul merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan menambah kapasitas tampungan air di wilayah sekitarnya sehingga suplai air irigasi akan tetap terjaga.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

Kehadiran bendungan dapat bermanfaat sebagai sumber air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

Bendungan Tukul, menjadi salah satu bendungan yang memiliki peran penting di Jawa Timur khususnya dalam membantu sektor pertanian di Jawa Timur.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

"Bendungan ini sekali lagi memiliki peran yang sangat penting, untuk pengendalian banjir, untuk pengairan di sawah atau air irigasi dan penyediaan air baku dan di sini nanti 300 Liter per detik dan tentu untuk warga," jelas Jokowi dalam sambutannya.

Menurut Jokowi, dengan kapasitas tampung bendungan yang cukup besar, maka tentu bendungan Tukul bisa meningkatkan kualitas pertanaman di wilayah tersebut.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

"Dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik, bendungan ini bisa memberi manfaat besar yaitu pengairan 600 ha sawah sehingga meningkatkan index pertanamanan dari yang biasanya 1x tanam padi dan 1x tanam palawija menjadi 2x tanam padi dan 1x tanam palawija. In Syaa Allah ini sudah bisa dilihat dan dilakukan," ujar Jokowi menjelaskan.

Turut serta dalam kunjungan kerja tersebut di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto. (rnl)

 

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Dampak Perang Global, Ini Tantangan Kebijakan Ekonomi ke Depan
Ini Strategi Awal PalmCo Pasca Efektif KSO dan Kelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia
Ini Pengalaman Merayakan Idulfitri di Beberapa Negara
Promo Smartphone di Blibli Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan
Simak Ya! Kini Anda Bisa Dapatkan Samsung S23 Ultra di Marketplace Ini
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas