INDONEWS.ID

  • Jum'at, 26/03/2021 13:59 WIB
  • Dinilai Sengsarkan Petani, Jokowi Didesak Copot Menteri yang Dukung Impor Beras

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
 Dinilai Sengsarkan Petani, Jokowi Didesak Copot Menteri yang Dukung Impor Beras
Beras Bulog

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Eksekutif Political anda Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mendesak Presiden Jokowi mencopot para menteri yang mendukung wacana impor satu juta ton beras.

Menurut Jerry, para menteri tersebut jelas-jelas akan merugikan negara dan menyengsarakan para petani jika impor beras itu direalisasikan.

Baca juga : Jerry Massie: PDIP Harus Usung Capres yang Tak Sekadar Representasi Partai, Tapi Juga Memenuhi Ekspektasi Publik

“Saya sepakat dengan Bang Rizal (Ramli), menteri yang tak pro rakyat dan pro petani perlu disingkirkan alias dicopot,” tegas Jerry Massie kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Jerry menegaskan sangat tidak masuk akal bahwa impor satu juta ton beras untuk menjaga stok beras dalam negeri. “Ini omong kosong. Saya duga ada kartel yang bermain,” tegasnya lagi.

Baca juga : Miliki Integritas Tinggi, Ini Pasangan yang Cocok untuk Capres Anies Baswedan

Bagi Jerry, tak pelu berkelit dengan berbagai alasan untuk mengimpor satu juta ton beras. Sebab, provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) dan daerah-daerah lainnya menolak rencana impor tersebut.

Lebih lanjut, Jerry menyebutkan bahwa stok beras di Bulog, seperti dikatakan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

Baca juga : Gibran Dinilai Belum Mampu Pimpin DKI, Jerry Massie: Dia dan Anies Beda Kelas

“Itu masih terjaga dan cukup sampai panen pada Agustus mendatang. Jadi sampai Hari Raya Idul Fitri tetap aman,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pemerintah merasa perlu menjaga kestabilan stok dan harga pangan, yang bisa saja dipermainkan oleh spekulan.

“Kalau harga gabah kering itu diturunkan oleh Bulog, nah itu bagian dari pada penghancuran harga beras petani,” ungkap Lutfi, Kamis (18/3/2021).

Sebaliknya, rencana impor beras adalah bagian dari strategi pemerintah untuk mengendalikan harga pangan dan memastikan stoknya.

Pemerintah juga harus memastikan harga beras tetap terjangkau oleh masyarakat, terutama saat pandemi Covid-19 ini.

Pada masa pandemi, kelangkaan atau kenaikan bahan pangan terutama beras tidak boleh sampai terjadi.

Harga beras yang tak terkendali akan membahayakan perekonomian. Bahkan bisa mempengaruhi daya beli masyarakat. Apalagi jika para spekulan mencoba “bermain” untuk mengambil keuntungan pada saat pandemi.

“Ini adalah strategi pemerintah untuk memastikan, kita tidak bisa dipojokkan atau diatur oleh pedagang. Terutama para spekulan-spekulan yang berniat tidak baik dalam hal ini,” kata Lutfi.

Artikel Terkait
Jerry Massie: PDIP Harus Usung Capres yang Tak Sekadar Representasi Partai, Tapi Juga Memenuhi Ekspektasi Publik
Miliki Integritas Tinggi, Ini Pasangan yang Cocok untuk Capres Anies Baswedan
Gibran Dinilai Belum Mampu Pimpin DKI, Jerry Massie: Dia dan Anies Beda Kelas
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas