INDONEWS.ID

  • Minggu, 04/07/2021 07:14 WIB
  • KRI Banjarmasin 592 Tarik Yonif 500 Raider Kembali ke Markas, Usai Satgas Pamtas

  • Oleh :
    • luska
KRI Banjarmasin 592 Tarik Yonif 500 Raider Kembali ke Markas, Usai Satgas Pamtas

Jakarta, INDONEWS.ID -  KRI Banjarmasin 592 di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya mengangkut pasukan TNI AD Yonif 500 Raider yang selesai melaksanakan tugas Pengamanan daerah Rawan (Satgas Pamrahwan). Kapal markas ini Sandar di Dermaga Pelabuhan umum Biak dalam proses embarkasi Pasukan Dan material, Sabtu (3/7).

Pelepasan pasukan Satuan Tugas Pengamanan daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) ini dilakukan Komandan Korem 173/Praja Vira Braja Brigjen TNI Iwan Setiawan.

Baca juga : KRI Banjarmasin 592 Dukung Yonif 700 Raider Purna Tugas Satgas Pamtas Papua

Kapal perang jenis Landing Platform Dock  (LPD) dengan Komandan Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim ini akan menurunkan pasukan purna Satgas Pamrahwan di Dermaga Ujung, Surabaya.

Komandan KRI Banjarmasin 592 mengatakan bahwa kapalnya dan seluruh anak buah kapal dalam kondisi siap sehingga pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamrahwan dapat berlangsung dengan aman dan lancar, dan dalam semua kegiatan dilaksanakan dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah. 

Baca juga : KRI Banjarmasin 592 Fasilitasi Satgas Yonif 715 Purna Tugas Pamtas Papua

Sebelumnya kapal perang tersebut juga menarik pasukan purna Satgas Yonif 432 Waspada Setia Jaya yang telah bertugas selama sepuluh bulan, untuk kembali ke Maros, Sulawesi Selatan.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah menjelaskan pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem Angkutan Laut Militer.

Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran material, dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

Kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) hingga memasuki pertengahan tahun 2021 terus melaksanakan dukungan terhadap operasi pengamanan perbatasan (Pamtas) dan pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) melalui pergeseran pasukan (Serpas) maupun pergeseran logistik (Serlog) dan pergeseran material (Sermat).

Pangkolinlamil juga menandaskan hingga saat ini kapal perang Kolinlamil baik yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta, Satlinlamil 2 Surabaya maupun 3 Makassar terus mengerahkan dukungan kapal perangnya untuk melaksanakan Serpas, Sermat maupun Serlog dalam menjaga Pamtas, Pamrahwan maupun Pamputer dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) baik di wilayahTimur maupun Barat. 

Artikel Terkait
KRI Banjarmasin 592 Dukung Yonif 700 Raider Purna Tugas Satgas Pamtas Papua
KRI Banjarmasin 592 Fasilitasi Satgas Yonif 715 Purna Tugas Pamtas Papua
Artikel Terkini
Perkembangan Terbaru dan "Historic Milestoe" Aturan Kesehatan Internasional
Semangat Kebangkitan Nasional: Perjalanan Inspiratif Mila dari Serang, Banten
HUT Minahasa Tenggara ke 17, Pj Bupati Maybrat Saksikan Festival Benlak 2024 dan Makan Malam Bersama di Ranumboloy Water Park
PJ Bupati Maybrat Hadiri Pentas Seni Festival Benlak 2024 HUT Minahasa Tenggara ke 17
Saksikan Pekan Gawai Dayak Kalbar, Ratusan Warga Malaysia Serbu PLBN Aruk
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas