INDONEWS.ID

  • Selasa, 13/07/2021 19:56 WIB
  • Bank Mandiri Gandeng Telkom Digitalisasi Layanan Logistik

  • Oleh :
    • Mancik
Bank Mandiri Gandeng Telkom Digitalisasi Layanan Logistik
Ilustrasi Bank Mandiri.(Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Bank Mandiri terus mengembangkan layanan digital bagi kemudahan transaksi nasabah.

Kali ini, Bank Mandiri bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia telah mengembangkan skema transaksi khusus berbasis aplikasi mendukung digitalisasi layanan logistik dengan mengajak PT Pos Logistik Indonesia sebagai pengguna jasa pertama.

Baca juga : Tingkatkan Pariwisata Sumbawa, Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Pantai Gelora

Dalam kolaborasi ini, pelaku usaha pemilik barang akan dapat mengakses fasilitas Invoice Financing atau pembiayaan atas dasar akseptasi invoice melalui sistem Mandiri Financial Supply Chain Management yang terintegrasi pada platform milik Telkom yaitu Logee Truck.

Saat ini, aplikasi Logee Truck sendiri telah digunakan pelaku usaha pemilik barang untuk memesan jasa pengiriman barang ke perusahaan pengangkutan barang, serta memantau proses pengiriman barang dan penerimaan pembayaran.

Baca juga : PT Neta Dipacu Jadikan RI Basis Produksi dan Hub Ekspor Kendaraan Listrik

Di sisi lain, perusahaan pengangkutan barang juga dapat menerima pesanan dan menerima pembayaran sesuai waktu yang ditentukan.

Adapun, perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk M. Fajrin Rasyid, Chief Operation Officer PT Pos Logistik Indonesia Wissanggeni Ariohadi dan Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan secara virtual, Selasa (13/7/2021).

Baca juga : Transformasi Regional 4 Di Bawah Naungan PTPN IV PalmCo

Menurut Panji, sinergi ini akan memberikan kemudahan percepatan penerimaan/pembayaran atas tagihan (invoice) perusahaan pengangkut barang dari pemilik barang, tanpa harus menunggu jatuh tempo pembayaran.

“Integrasi sistem secara Host-to-Host antara Bank Mandiri dan Aplikasi Logee Truck ini akan meningkatkan optimalisasi pemanfaatan arus kas dari kedua pihak baik pengusaha pemilik barang, maupun perusahaan pengangkutan barang. Pasalnya, kerjasama ini akan memberikan kepastian pembayaran sesuai tenor pembayaran,” kata Panji.

Panji menambahkan, salah satu target market dari digitalisasi layanan logistik ini adalah perusahaan- perusahaan angkutan barang yang teregistrasi sebagai mitra PT Pos Logistik Indonesia.

Berdasarkan rekomendasi dari PT Pos Logistik Indonesia, Bank Mandiri dapat memproses pemberian limit kredit kepada pemilik truk dengan memperhatikan Track Record layanan pemilik Truk kepada PT Pos Logistik serta Analisa keuangan dari pemilik Truk.

“Pada periode semester I tahun ini, fasilitas Mandiri Supply Chain Management – invoice financing ini telah membantu sebanyak 1.616 nasabah dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan keuangan, dengan total 4.825 transaksi senilai Rp 4,3 triliun hingga akhir semester I tahun ini,” ungkap Panji.

Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya Bank Mandiri untuk mendukung upaya pemerintah dalam kegiatan logistik di Indonesia dan menjawab tantangan perkembangan teknologi digital nasabah Bank Mandiri

Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.

Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas dan Mandiri Management Investasi (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Saat ini, Bank Mandiri telah mengembangkan layanan dan produk perbankan terbaik melalui Mandiri Digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail.

Layanan Mandiri Digital bagi nasabah korporasi termasuk Mandiri Cash Management (MCM), Mandiri Internet Bisnis (MIB), Mandiri Global Trade, Mandiri Financial Supply Chain Management (FSCM) dan Mandiri Application Programming Interface (API).

Sedangkan layanan digital retail meliputi buka rekening online, aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga Maret 2021, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.482 kantor cabang dan 1.699 jaringan mikro yang terdiri dari unit dan kios mikro.

Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.122 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000.*

Artikel Terkait
Tingkatkan Pariwisata Sumbawa, Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Pantai Gelora
PT Neta Dipacu Jadikan RI Basis Produksi dan Hub Ekspor Kendaraan Listrik
Transformasi Regional 4 Di Bawah Naungan PTPN IV PalmCo
Artikel Terkini
Idul Adha, Jangan Lupakan Peran Siti Hajar
Menteri Kritis di Sektor Industri
Peluncuran Buku dan Mengenang Dua Penyair
Sapi PT Pelayaran Fortuna Disembelih Mushala Al Asr
Rumah Singgah Jokowi Milik Rio Sarwono Jadi Tempat Sholat Idul Adha Warga Gang Arab
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas