INDONEWS.ID

  • Selasa, 10/08/2021 17:36 WIB
  • 112 Prajurit Kolinlamil Lakukan Skrining Sebelum Donor Darah Plasma Konvalesen

  • Oleh :
    • Mancik
112 Prajurit Kolinlamil Lakukan Skrining Sebelum Donor Darah Plasma Konvalesen
Skrinning donor darah plasma konvalesen, di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok.(Dispen Kolinlamil)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebanyak 112 prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti skrinning donor darah plasma konvalesen, di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara (10/8/2021).

Kegiatan ini merupakan prosedur awal sebelum pelaksanaan donor darah plasma konvalesen yang akan dilaksanakan Kolinlamil dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Donor darah plasma konvalesen akan dilaksanakan pada Kamis (12/8).

Sedangkan Program kegiatan donor darah ini sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka pemenuhan ketersediaan Plasma Konvalesen (PK) di Palang Merah Indonesia (PMI).

“PMI pusat tengah mencari pendonor dari orang yang pernah terjangkit Covid, oleh karena itu pimpinan TNI AL menginstruksikan jajaran TNI AL untuk melaksanakan kerjasama ini,” kata Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma.

Adapun persyaratan utama pendonor Plasma Konvalesen (PK) dengan melaksanakan screening dan Informed Consent seleksi donor melalui Anamnesis.

Setelah itu, setiap prajurit yang ditunjuk akan melalui pemeriksaan fisik, pemeriksaan Lab darah lengkap, konfirmasi golongan darah dan screening antibodi infeksi menular lewat transfusi darah (baik HIV,Hepatitis B, Hepatitis C maupun sifilis).

Lebih lanjut Panglima Kolinlamil mengatakan bahwa donor Plasma Konvalesen (PK) termasuk metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Tindakan ini bertujuan sebagai terapi tambahan pasien Covid-19 yang berjuang untuk sembuh, di seluruh wilayah Indonesia dan sekitarnya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada sesama,” ungkapnya.

Pendonor yang lolos skrining akan melaksanakan donor darah plasma konvesalen tersebut dengan menggunakan mesin Apheresis.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas