INDONEWS.ID

  • Rabu, 11/08/2021 19:29 WIB
  • LaNyalla: Kebugaran Fisik dan Kesehatan Mental Penting saat Pandemi

  • Oleh :
    • Mancik
LaNyalla: Kebugaran Fisik dan Kesehatan Mental Penting saat Pandemi
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.(Foto:Istimewa)

Surabaya, INDONEWS.ID - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan masyarakat menjaga kesehatan fisik dan kebugaran fisik di tengah pandemi Covid-19. Keduanya sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Menurutnya, aturan PPKM memang sedikit membuat ruang gerak masyarakat terbatas. Karena itu, ia menyarankan kepada masyarakat untuk menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental sehingga menghilangkan kejenuhan selama Covid-19.

Baca juga : Bantu Gerakkan Ekonomi Pascapandemi, PTPN VI Bantu UMKM

"Aturan seperti PPKM membuat ruang gerak masyarakat terbatas. Mereka harus berkegiatan di rumah dalam jangka waktu cukup lama. Tentu saja kurangnya interaksi sosial tersebut menjadikan kejenuhan, bahkan stres," jelas LaNyalla di sela masa reses di Jawa Timur, Rabu (11/8/2021).

LaNyalla lebih lanjut menjelaskan, dalam situasi saat ini kesehatan jasmani, mental dan sosial harus seimbang. Semua perlu dikelola dengan baik agar mampu melewati situasi pandemi dengan keadaan wajar dan normal.

Baca juga : Delegasi U20 Kunjungi Bogor, Bima Arya Tunjukan Modal Indonesia Pulih dari Pandemi

"Kita optimalkan beberapa kegiatan di dalam rumah seperti berolah raga untuk jaga kesehatan fisik. Kemudian banyak merenung dan mensyukuri keadaan sekarang sehingga dapat meningkatkan kadar spiritualitas, keimanan dan ketakwaan. Ini akan membuat mental kita tenang dan terkendali," jelasnya.

Untuk kesehatan sosial, LaNyalla menganjurkan masyarakat berbagi informasi yang baik, turut serta membantu sesama mencari donasi baik untuk penyintas yang membutuhkan donor konvalesen, obat-obatan, ataupun oksigen dan kebutuhan makan para tenaga kesehatan di lapangan.

Baca juga : Temui LaNyalla, Paguyuban Peternak Rakyat Magetan Minta Pendampingan

"Intinya kita semua turut serta berkegiatan positif selain menjaga kesehatan fisik dan mental, juga dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan besar yang melanda bangsa ini," ucap Mantan Ketua Umum PSSI itu.

Dalam mewujudkan masyarakat yang sehat fisik dan mental, LaNyalla mengingatkan perlunya kolaborasi lintas profesi dalam membangun ketenangan batin masyarakat. Karena pemerintah tidak mungkin bekerja tanpa dukungan rakyat.

LaNyalla mengapresiasi gerakan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat seperti Himpunan Psikolog Indonesia yang membuka layanan bagi mereka yang membutuhkan konsultasi.

Atau ada komunitas Menjadi Manusia yang menyediakan media bagi mereka yang ingin menyalurkan kegelisahan dengan cara berbagi bercerita, melalui platform digital.

"Salah satu cara melepaskan beban adalah dengan bercerita. Keberadaan psikolog maupun saluran komunikasi tersebut akan membuat seseorang menjadi nyaman dan kemudian sadar bahwa kita tidak pernah sendiri," tutupnya.*

Artikel Terkait
Bantu Gerakkan Ekonomi Pascapandemi, PTPN VI Bantu UMKM
Delegasi U20 Kunjungi Bogor, Bima Arya Tunjukan Modal Indonesia Pulih dari Pandemi
Temui LaNyalla, Paguyuban Peternak Rakyat Magetan Minta Pendampingan
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas