INDONEWS.ID

  • Sabtu, 14/08/2021 18:25 WIB
  • Wow! Hasil Survei: Elektabilitas Ganjar Kian Tak Tersaingi Puan - Prabowo

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Wow! Hasil Survei: Elektabilitas Ganjar Kian Tak Tersaingi Puan - Prabowo
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Charta Politika kembali merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang digadang-gadang masuk bursa calon presiden 2024 mendatang.

Survei dilakukan secara tatap muka dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 1.200 orang dari seluruh wilayah Indonesia, dengan margin of error 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Rocky Gerung: Ganjar Tak Berhak Komentari Pelanggaran HAM Prabowo

Responden dipilih secara acak dengan kriteria minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Unit sampling primer survei ini adalah desa/kelurahan, dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 120 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia.

Survei yang dilakukan selama periode 12-20 Juli 2021 menyebutkan elektabilitas Ganjar Pranowo jauh lebih tinggi dibanding Puan Maharani. Bahkan, pemilih PDIP justru lebih banyak berlabuh ke Ganjar daripada ke Puan.

Baca juga : Pasangan Nomer 3 Hadir di Deklarasi Alumni UI Dukung Ganjar-Mahfud

Berdasarkan survei kali ini, elektabilitas Ganjar sebesar 20,6 persen. Sedangkan Puan hanya sukses mengumpulkan dukungan sebanyak 1,4 persen.

Charta Politika kemudian menghitung kekuatan 10 tokoh tersebut berdasarkan pemilih partai. Hasilnya, 44,7 persen pemilih PDIP melabuhkan pilihan ke Ganjar. Hanya 4,8 persen pemilih PDIP yang memilih Puan.

Baca juga : Deklarasi Alumni UI, Yenni Wahid: Alumni masih Memegang Nilai Perjuangan Soe Hok Gie

Persentase pemilih itu didapat dari hasil survei Charta Politika terhadap elektabilitas partai yang dilakukan pada periode yang sama. Pemilih PDIP itu kemudian menyodorkan 10 nama, yang di dalamnya termasuk Ganjar dan Puan.

"Mas Ganjar Pranowo, pertama unggul di PKB ada di angka 23 persen. Lalu kemudian di PDI Perjuangan 44,7 persen. Konstituen PDI Perjuangan ini menyatakan memilih Mas Ganjar Pranowo sebagai presiden apabila pemilu presiden diadakan hari ini," papar Yunarto.

"Dan kalau kita misalnya bandingkan dengan Mbak Puan dan Ibu Risma (Menteri Sosial Tri Rismaharini), hanya 4,8 persen dari pemilih PDIP yang menyatakan mendukung Mbak Puan dan 7,7 persen yang menyatakan Ibu Risma," imbuhnya.

Tak hanya Ganjar dan Puan. Pemilih Golkar pun demikian. Pemilih Golkar justru lebih memilih Sandiaga Uno ketimbang Airlangga Hartarto.

Sebesar 17,7 persen pemilih Golkar memilih Sandiaga, 12,7 persen memilih Airlangga. Bahkan persentase pemilih Golkar yang memilih Airlangga sama dengan pemilih Golkar yang memilih Prabowo Subianto.

Sementara itu, PKB, karena ketumnya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tidak masuk simulasi elektabilitas 10 tokoh, 23 persen pemilih PKB mendukung Ganjar Pranowo.*

Artikel Terkait
Rocky Gerung: Ganjar Tak Berhak Komentari Pelanggaran HAM Prabowo
Pasangan Nomer 3 Hadir di Deklarasi Alumni UI Dukung Ganjar-Mahfud
Deklarasi Alumni UI, Yenni Wahid: Alumni masih Memegang Nilai Perjuangan Soe Hok Gie
Artikel Terkini
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Inggris Memberikan Dukungan dan Berbagai Pengalaman dengan Indonesia untuk Bergabung Ke CPTPP
Relawan GARIS Dukung Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas