INDONEWS.ID

  • Rabu, 18/08/2021 09:02 WIB
  • KBRI Tokyo Peringati HUT RI ke-76, Dubes Heri Kunjungi Monumen Soekarno dan Patung Sudirman di Tokyo

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
KBRI Tokyo Peringati HUT RI ke-76, Dubes Heri Kunjungi Monumen Soekarno dan Patung Sudirman di Tokyo
KBRI Tokyo menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-76 RI Selasa (17/8) secara terbatas dan mengikuti protokol kesehatan. (Foto: KBRI Tokyo)

Tokyo, INDONEWS.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar rangkaian Peringatan Kemerdekaan ke-76 RI pada Selasa (17/8/21).

Upacara Kemerdekaan ke-76 RI di Wisma Duta digelar secara hybrid yakni dihaduri secara daring dan offline oleh tamu undangan dari Kementerian Luar Negeri Jepang dan kalangan diplomatik serta masyarakat Indonesia yang berada di Jepang.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Dorong Peran Akademisi dan Universitas di Jepang Perkuat Kerja Sama Indonesia dan Jepang

Upacara di Wisma dilakukan secara terbatas, dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi bertindak selaku Inspektur Upacara.

Bertindak selaku Komandan Upacara Atase Pertahanan RI Tokyo Kolonel Penerbang E. Wisoko Aribowo.

Baca juga : KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

Sementara itu pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh Taruna Akademi TNI yang tengah melaksanakan Pendidikan di National Defense Academy Jepang.

Usai upacara, Dubes Heri dan Ibu Nuning Akhmadi melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada taruna termuda.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Tiga Pesepeda Indonesia Peserta Japanese Odyssey 2023

"Filosofi dasar tumpeng adalah semakin banyak perjuangan yang kita lalui, semakin dewasa, kuat, dan kokoh kita. Meskipun peringatan kemerdekaan ke-76 RI ini diadakan di tengah pandemi, namun kita semua harus tetap positif dan terus berkarya," ujar Dubes Heri.

Dubes Heri berkunjung ke Monumen Sukarno di Tokyo dan meletakan karangan bunga. (Foto: KBRI Tokyo)

Kunjungan ke Patung Sudirman dan Monumen Soekarno

Usai Upacara Kemerdekaan, Dubes Heri melakukan kunjungan dan peletakan karangan bunga di Monumen Soekarno.

Dalam kunjungan ini, Dubes Heri menjelaskan, kunjungan ke Monumen Soekarno ini adalah bentuk penghargaan Indonesia kepada warga Jepang yang membantu kemerdekaan Indonesia.

Monumen Soekarno yang berada persis di samping kuil kuno Seisho Tokyo ini didirikan oleh Pemerintah Jepang beberapa tahun setelah kunjungan Presiden Soekarno ke Jepang pada 1958 atas undangan Kaisar Hirohito.

Rangkaian kata di monumen itu tertulis dalam aksara Kanji dan Bahasa Indonesia yang memuat isi surat Soekarno kepada Ichiki Tatsuo serta Yoshizumi Tomegoro yang tercatat ikut membantu dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia bahkan sejak masa persiapan.

Ichiki pernah menjadi penasihat Divisi Pendidikan pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Ia juga tercatat pernah menjadi Pemimpin Redaksi Asia Raya.

Dubes Heri Akhmadi berkunjung ke Patung Sudirman yang berada di dalam kompleks kantor Kementerian Pertahanan Jepang. (Foto: KBRI Tokyo)

Sementara itu, Tomegoro Yoshizumi menjabat kepala intelijen di kantor Laksamana Maeda, seorang perwira Jepang yang membantu memfasilisitasi penyusunan naskah teks Proklamasi di kediamannya.

Sebanyak 903 mantan prajurit Jepang ikut bergerilya bergabung dengan tentara Indonesia semasa Perang Kemerdekaan 1945 - 1949. 531 orang di antaranya tewas atau hilang, 45 orang kembali ke negerinya, dan 324 memilih menjadi warga Indonesia hingga akhir hayat mereka.

Selain ke Monumen Soekarno, Dubes Heri berkunjung ke Patung Sudirman yang berada di dalam kompleks kantor Kementerian Pertahanan Jepang.*

Artikel Terkait
Dubes Heri Akhmadi Dorong Peran Akademisi dan Universitas di Jepang Perkuat Kerja Sama Indonesia dan Jepang
KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita
Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Tiga Pesepeda Indonesia Peserta Japanese Odyssey 2023
Artikel Terkini
Tidak Simpang Siur, Pemerintah Diminta Jelaskan Penerapan KRIS Secara Komprehensif
Menko Airlangga dan Dubes Lee Sang Deok Bahas Penguatan Kerja Sama Hingga Rencana Kunjungan Kerja ke Korea Selatan
PTPN IV Regional 4 Sebar 900 Paket Sembako di Sumbar dan Jambi
Pj Bupati Maybrat Lakukan Kunjungan ke SMPN 2 Aifat
Sari Ater Bangun Cable Car Perkuat Daya Tarik Wisatawan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas