INDONEWS.ID

  • Jum'at, 10/09/2021 15:05 WIB
  • Pulihkan Pariwisata, Ini Catatan Mitra Fakhruddin untuk Sandiaga Uno

  • Oleh :
    • luska
Pulihkan Pariwisata, Ini Catatan Mitra Fakhruddin untuk Sandiaga Uno

Jakarta, INDONEWS.ID - Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diharapkan bisa segera pulih. Apalagi bila aktivitas mulai dilonggarkan, sektor ini diharapkan makin bergeliat.

Anggota Komisi X DPR RI, Mitra Fakhruddin MB mengapresiasi berbagai upaya yang sudah dilakukan Kemenparekraf selama ini. Terutama Menteri Sandiaga Uno yang rajin berkunjung ke daerah-daerah untuk memberi semangat para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita harapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif makin maju di masa-masa mendatang. Tentu kita akan dukung dengan mendorong postur anggaran Kemenparekraf makin besar kedepan," ungkapnya.

Mitra menuturkan, ada sejumlah catatan yang ingin disampaikan. Ini sesuai aspirasi yang diterima saat reses maupun kunjungan komisi. Terutama memaksimalkan potensi di desa-desa. Kemenparekraf sudah menjalankan program-program desa wisata.

"Namun kita harap jangkauannya makin besar. Tidak bisa kita pungkiri, banyak anak-anak muda kreatif ikut terlibat dalam pengembangan komoditas-komoditas unggulan di desa," bebernya.

Selain itu, Mitra berharap ada strategi yang lebih tepat dalam mempromosikan kopi lokal. Apalagi saat ini berkunjung ke warkop atau kafe jadi tren kekinian. Sekadar menongkrong atau bahkan datang berdiskusi. Hanya saja, kopi brand luar negeri masih jadi pilihan utama.

"Kita datang tetapi pesannya kopi Americano dan sebagainya. Sementara kita ini memiliki produk unggulan. Ada kopi Medan, kopi Aceh, kopi Kalosi, kopi Enrekang dan kopi Toraja. Tentunya ini perlu strategi branding khusus karena ini juga menunjang khususnya wisata kuliner," tuturnya.

Menparekraf, Sandiaga Uno menuturkan warkop-warkop saat ini memang trennya cukup baik. Namun yang biasanya yang lebih banyak dipesan Americano, Cappucino padahal kopi lokal juga kualitasnya mendunia. Strategi branding kopi lokal ini yang sementara dirumuskan.

"Terima kasih untuk catatan saudaraku, Mitra Fakhruddin ini. Mudah-mudahan program kopi Indonesia bisa kita tingkatkan. Kawasan Toraja Utara hingga Luwu Utara, juga Pinrang hingga Enrekang itu kopi-kopi terbaik ada dari sana. Perlu dilakukan branding yang kuat," tukasnya. (Lka)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas