Daerah

Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73

Oleh : luska - Kamis, 09/05/2024 09:34 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Kabupaten Maybrat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke-73 dengan sebuah peristiwa penting. Perayaan yang digelar di Puskesmas Aifat ini dihadiri oleh Pak Engelbertus Turot, SP, M.Si, Asisten II Setda Kabupaten Maybrat, yang mewakili Penjabat (Pj) Bupati Maybrat. Acara ini juga menjadi momentum peluncuran program pelayanan Keluarga Berencana (KB) serentak sejuta akseptor, sebagai langkah strategis dalam percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Maybrat 

Tema yang diusung tahun ini adalah "Peran Bidan dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi". Tema ini menekankan pentingnya peran bidan dalam menghadapi berbagai tantangan kesehatan yang diperparah oleh kondisi iklim yang semakin tidak menentu.

Dalam sambutannya, Pak Engelbertus Turot menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para bidan di Kabupaten Maybrat atas dedikasi serta pengabdian mereka dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. "Kerja keras dan dedikasi para bidan sangat fundamental dalam mencapai tujuan kesehatan kita, terutama dalam penanganan isu-isu kritis seperti stunting dan gizi buruk," ujar Turot.

Program KB serentak yang dicanangkan ini bertujuan untuk mempercepat penurunan stunting dan gizi buruk, serta mencegah kematian ibu dan anak. Program ini fokus pada penanganan beberapa kondisi sensitif yang berisiko tinggi seperti kehamilan di bawah usia 20 tahun, kehamilan dengan jarak yang terlalu dekat kurang dari dua tahun, serta kehamilan yang terlalu sering atau lebih dari empat kali.

Momen penting lainnya dalam acara tersebut adalah penyerahan kit Implan dan IUD kepada semua puskesmas di Kabupaten Maybrat, yang menandai peningkatan akses terhadap kontrasepsi jangka panjang dan efektif. Ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk menurunkan angka stunting dengan mengontrol dan merencanakan kehamilan agar lebih aman dan sehat.

Pelayanan kontrasepsi yang terus menerus akan diperkuat di semua fasilitas kesehatan, baik pemerintah maupun swasta, yang dikelola oleh para bidan. Ini adalah langkah konkret untuk mengurangi prevalensi stunting yang telah lama menjadi fokus pemerintah kabupaten dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakatnya.

Pak Engelbertus Turot juga menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan bidan dan meningkatkan fasilitas serta akses terhadap layanan kesehatan, khususnya di daerah-daerah terpencil di Maybrat. "Kami mengakui dan menghargai peran vital yang diperankan oleh bidan dalam sistem kesehatan kita dan akan terus berupaya mengeliminasi semua hambatan yang menghalangi mereka dalam melaksanakan tugas-tugas mereka," tambahnya.

Peringatan HUT IBI kali ini tidak hanya menjadi perayaan, tetapi juga titik balik penting dalam upaya kolaboratif untuk memperkuat kesehatan reproduksi dan mengurangi angka stunting di Kabupaten Maybrat, mencerminkan sinergi yang kuat antara pemerintah dan para profesional kesehatan.

Artikel Terkait