INDONEWS.ID

  • Minggu, 26/09/2021 14:20 WIB
  • Minggu Berdarah! Ini Kronologi Kontak Senjata KKB Vs Brimob di Pegunungan Papua Tewaskan Bharada Muhammad Kurniadi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Minggu Berdarah! Ini Kronologi Kontak Senjata KKB Vs Brimob di Pegunungan Papua Tewaskan Bharada Muhammad Kurniadi
Aparat TNI-Polri kembali terlibat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua pada Minggu (26/9/21). Dalam peristiwa ini, seorang anggota Brimob bernama Bharada Muhammad Kurniadi gugur.

Jakarta, INDONEWS.ID - Aparat TNI-Polri kembali terlibat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua pada Minggu (26/9/21). Dalam peristiwa ini, seorang anggota Brimob bernama Bharada Muhammad Kurniadi gugur.

Peristiwa baku tembak antara anggota KKB dan Anggota Brimob ini dibenarkan Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito. Ia mengatakan kontak senjata terjadi di Mako Polsek Kiwirok.

Baca juga : Pasukan TNI Diserang TNP OPM di Pegunungan Papua, 1 Anggota Tewas dan 2 Lainnya Luka Serius

"Betul, kontak tembak di Mako Polsek Kiwirok," ujar Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito ketika dikonfirmasi, Minggu (26/9/2021).

Cahyo menjawab pertanyaan wartawan betul-tidaknya KKB menembaki Mapolsek Kiwirok terlebih dahulu.

Baca juga : Asosiasi Bupati Pegunungan Papua Sepakat Dukung Pemekaran

Baku tembak itu bermula ketika KKB menembaki Polsek Kiwirok terlebih dahulu pada pagi hari. Berikut kronologi kontak tembak hingga evakuasi jenazah:

04.50 WIT

Baca juga : Kronologi Anggota KKB Lompat ke Jurang Usai Habisi Anggota Brimob

Kontak tembak itu terjadi pada pukul 04.50 WIT pagi tadi. Kontak tembak itu bermula ketika KKB menembaki Polsek Kiwirok.

07.16 WIT

Kemudian, helikopter dari bandara Oksibil tiba di Bandara Kiwirok. Jenazah Muhammad Kurniadi pun dievakuasi.

"Hari ini juga tadi sekitar pukul 07.16 WIT telah mendarat di Bandara Kiwirok, helikopter Polri yang diterbangkan dari bandara Oksibil untuk mengevakuasi jenazah dan pada pukul 07.43 WIT, heli berhasil mendarat di bandara Oksibil," ujar Cahyo.

Cahyo juga mengirimkan video detik-detik evakuasi jenazah Muhammad Kurniadi. Terlihat 4 orang sedang membawa tandu berlari menuju sebuah helikopter.

Di dalam helikopter itu, terdapat jenazah Muhammad Kurniadi yang dibalut kain dan diikat dengan tali. Kemudian, jenazah dibawa menggunakan tandu menuju sebuah mobil.

09.45 WIT

Jenazah, terang Cahyo, sempat disemayamkan di RSUD Oksibil. Kemudian, jenazah diterbangkan ke Jayapura.

"Dan pada pukul 09.45 WIT jenazah kita terbangkan ke Jayapura," jelas Cahyo.

"Saya atas nama keluarga besar Polres Pegunungan Bintang ungkapan duka cita yang mendalam atas gugurnya salah satu personel Polri, yaitu almarhum Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi," sambung Cahyo.

Ini merupakan kelanjutan dari sederet ketegangan yang terjadi di Kiwirok, Papua, beberapa waktu terakhir akibat ulah KKB. KKB dengan keji membakar puskesmas di Kiwirok hingga menganiaya dan melecehkan tenaga kesehatan.

Korban berjatuhan akibat kekejian KKB di Kiwirok. Suster Gabriella meninggal akibat serangan KKB. Seorang anggota TNI, Pratu Ida Bagus Putu, kemudian gugur dalam baku tembak dengan KKB saat hendak mengevakuasi jenazah Suster Gabriella.

Imbas serangan KKB yang belum berakhir, aparat TNI-Polri mengungsikan warga Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, untuk sementara waktu karena teror yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) mengancam keselamatan warga.

Berdasarkan keterangan tertulis Satgas Humas Nemangkawi, Sabtu (25/9/2021), aparat TNI-Polri menyediakan pesawat untuk mengangkut para pengungsi pagi ini. Kegiatan evakuasi dipimpin Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Kurnito dan tim Satgas Nemangkawi.

"Setelah situasi kondusif, warga yang dievakuasi dapat menentukan apakah kembali ke Distrik Kiwirok atau akan bersama kerabat atau keluarga yang ada di Oksibil maupun Jayapura," kata Wakasatgas Humas Nemangkawi Kompol Rudi Hartono.*

Artikel Terkait
Pasukan TNI Diserang TNP OPM di Pegunungan Papua, 1 Anggota Tewas dan 2 Lainnya Luka Serius
Asosiasi Bupati Pegunungan Papua Sepakat Dukung Pemekaran
Kronologi Anggota KKB Lompat ke Jurang Usai Habisi Anggota Brimob
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas