INDONEWS.ID

  • Selasa, 23/11/2021 15:50 WIB
  • Webinar Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi Program Sarjana Terapan

  • Oleh :
    • luska
Webinar Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi Program Sarjana Terapan

Jakarta, INDONEWS.ID - Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Webinar Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi Program Sarjana Terapan Program Studi Administrasi Pembangunan Negara dengan tema "Kurikulum Program Vokasi di Era Industri 4.0 Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka", dengan narasumber Dr. M.R. Khairul Muluk, S.Sos, M.Si., Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Akademik Indonesian Association of Public Administration (IAPA) Pusat. Kegiatan webinar ini diselenggarakan secara daring via Zoom pada hari Selasa, 23 November 2021 pukul 08.30 s.d. selesai.

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA., dalam pembukaannya, mengatakan, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka sistem yang dijalankan oleh perguruan tinggi juga harus bisa menyesuaikan kemajuan tersebut. Ujung 
tombak dari sistem yang dijalankan oleh sebuah perguruan tinggi adalah kurikulum. Oleh 
karena itu, kurikulum yang dimiliki oleh perguruan tinggi harus selalu disesuaikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga : Politeknik STIA LAN Jakarta Inisiasi Kerjasama dengan Sejumlah Universitas

Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2012 dan Undang-Undang Perguruan Tinggi No. 12 Tahun 2012, serta arahan untuk menerapkan program merdeka belajar -  kampus merdeka, telah memberikan dampak terhadap kurikulum di perguruan tinggi dan pengelolaannya. Berdasarkan peraturan ini, kurikulum harus mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes) sehingga kompetensi lulusan dari perguruan tinggi tidak lagi hanya dilihat semata-mata melalui ijazah, namun dengan melihat kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan secara luas (formal, non formal atau informal) yang transparan dan akuntabel. Selain itu, kurikulum juga harus menjamin terlaksananya program merdeka belajar-kampus merdeka.

Dr. M.R. Khairul Muluk, S.Sos, M.Si, dalam paparannya menyampaikan tentang  tantangan pendidikan administrasi publik yaitu Blended Learning, Generation Characters, Inter-Program Collaboration, Link & Mach, Education Quality, Graduate Employment.

Baca juga : Kolaborasi Poltek STIA LAN Jakarta dan Bank DKI: Wujud Nyata Transformasi Pendidikan

Beliau juga membahas mengenai Outcome Based Education mencakup bagaimana kurikulum dikembangkan berdasarkan Learning Outcome/Capaian Pembelajaran Lulusan dan bagaimana LO/CPL dapat dicapai.

Bertindak sebagai moderator pada kegiatan ini adalah Bambang Suhartono, S.Sos, ME., Dosen Politeknik STIA LAN Jakarta.

Baca juga : Pemilu, Demokrasi & Suara Kawasan Timur Indonesia

Kegiatan pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi yang disambut antusias oleh para peserta. Semoga, kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan para dosen dan pejabat akademik Politeknik STIA Jakarta dalam menyusun kurikulum berbasis vokasi yang lebih berkualitas. (Lka)

Artikel Terkait
Politeknik STIA LAN Jakarta Inisiasi Kerjasama dengan Sejumlah Universitas
Kolaborasi Poltek STIA LAN Jakarta dan Bank DKI: Wujud Nyata Transformasi Pendidikan
Pemilu, Demokrasi & Suara Kawasan Timur Indonesia
Artikel Terkini
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas