INDONEWS.ID

  • Rabu, 22/12/2021 21:50 WIB
  • Usai Kunjungi Amerika Serikat, Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews Temui Mendagri Tito di Jakarta

  • Oleh :
    • very
Usai Kunjungi Amerika Serikat, Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews Temui Mendagri Tito di Jakarta
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Dalam Negeri Australia, Karen Andrews saat bertukar cendera mata. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Hari ini, Rabu 22/12/2021 jam 14:30 di kediaman Kompleks Menteri Widya Chandra, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerima kunjungan khusus dari Menteri Dalam Negeri Australia, Karen Andrews bersama pimpinan Kepolisian Federal Australia (AFP) Nigel Ryan, David Dalton. Turut mendampingi Menteri Karen adalah Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams serta Penasehat Senior Kementerian Dalam Negeri Australia Lachlan MCNaughton.

Sementara itu, hadir mendampingi Mendagri Tito menerima kunjungan tersebut adalah Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Herry Ronny dan Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga.

Baca juga : KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia

Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga melalui siaran pers mengatakan, dalam perbincangan sekitar 1,5 tersebut, Mendagri Karen, mendagri wanita pertama dalam sejarah Australia itu, sangat berharap peran Tito Karnavian untuk terus-menerus terlibat memperkuat hubungan Australia dan RI.

“Karen menyebut portofolio kementerian yang dipimpinnya membawahi keaman dalam negeri, penegakan hukum, keamanan perbatasan sangat mirip dengan tugas Mendagri Tito di Indonesia,” ujar Kastorius.

Baca juga : Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel

Karen juga mengakui peran Tito, yang mantan Kapolri itu, di dalam mengembangakan hubungan erat kepolisian RI dan Australia, utamanya paska Bom Bali.

Menteri Karen yang juga mantan anggota DPR Australia itu, kata Kastorius, mengharapkan sosok Tito, selaku Mendagri dan juga Kepala BNPP (Badan Nasional Pengeloaan Perbatasan) dan juga dikenal luas di kalangan kepolisian Australia  sebagai ahli dan tokoh counterterorism (CT) terus memberi perhatian khusus  membangun kerjasama bilateral kedua negara di bidang keamanan regional.

Baca juga : Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat

“Karen menyebut bahwa perubahan dinamika politik seperti di Afganistan dan Suriah tetap memunculkan ancaman keamanan regional bagi kedua negara khususnya di bidang terorisme,” ujarnya.

(Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat menerima kunjungan khusus dari Menteri Dalam Negeri Australia, Karen Andrews. Hadir mendampingi Mendagri Tito menerima kunjungan tersebut adalah Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Herry Ronny dan Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga. Foto: ist)

Karen banyak menyimak dan belajar dari penjelasan Mendagri Tito tentang perkembangan terorisme dan radikalisme paska Bom Bali hingga pada maraknya cyber crime (kejahatan siber) dan human traficking dan kejahatan transnasional. 

Tito mengatakan bahwa pertukaran informasi dan pengembangan kapasitas antar kedua institusi keamanan ke dua negara sangat dibutuhkan saat dirinya ditanya oleh Menteri Karen terkait bidang kerjasama yang perlu dikembangkan ke depan. Disamping itu hubungan informal tokoh kunci kedua negara sangat pentig dibina, tandas Tito.

Karen Andrews yang baru menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Australia sejak 30 Maret 2021, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Industri, Science dan Teknologi di Kabinet Pemerintahan Morrison, juga menanyakan serangan pandemi Covid-19. Dia menyimak serius penjelasan Mendagri Tito tentang faktor kunci keberhasilan Indonesia di dalam pengendalian covid-19 lewat penerapan PPKM yang terukur dan program vaksinasi yang progresif di Indonesia.

“Karen mengapresiasi dan kagum terhadap Indonesia yang relatif berhasil mengatasi Covid-19 dengan baik sekali mengingat wilayah yang begitu luas dan populasi padat dan besar yang dimiliki oleh Indonesia,” kata Kastorius.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Karen menyampaikan undangan khusus kepada Mendagri Tito untuk berkunjung resmi ke Australia tahun 2022 yang akan datang dalam rangka penguatan hubungan bilateral negara lewat fungsi kementerian dalam negeri kedua negara khususnya berkaitan dengan pengembangan program-program baru yang dibutuhkan untuk penguatan keamanan dan perdamaian regional mengingat dinamisnya tantangan yang berkembang saat ini dan kedepan.

Di akhir pertemuan, kedua menteri yang baru pertama kali saling berkenalan tersebut bertukar cendera mata. ***

Artikel Terkait
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas