INDONEWS.ID

  • Senin, 21/02/2022 17:13 WIB
  • Alvin Lie Sindir Jokowi Presiden 9 Periode, KOBAR: Rakyat Minta 3 Periode untuk Keberlanjutan Pembangunan

  • Oleh :
    • very
Alvin Lie Sindir Jokowi Presiden 9 Periode, KOBAR: Rakyat Minta 3 Periode untuk Keberlanjutan Pembangunan
Deklarator KOBAR. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Menyikapi adanya kembali wacana Presiden Jokowi 3 periode, mantan anggota Ombudsman Alvin Lie menyatakan seharusnya Presiden Jokowi lanjut hingga 9 periode.

"Tanggung. Sekalian aja 9 periode, 9 tahun tiap periode," cuitnya di Twitter @alvinlie21.

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta

Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Arnold L Panjaitan merespon cuitan Alvin Lie dengan nada sindiran tersebut.

Arnold mengatakan Alvin Lie seharusnya tidak terlalu berlebihan menanggapi apa yang menjadi aspirasi masyarakat terkait kepemimpinan Presiden Jokowi.

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur

"Alvin Lie gak usah terlalu lebay deh, siapa juga yang minta 9 periode? Rakyat minta tiga periode dan ada alasannya," ujar Arnold dalam siaran persnya kepada wartawan pada hari Senin, 21/02/2022.

"Kalo rakyat meminta Pak Jokowi untuk tiga periode, ya itu aspirasi masyarakat. Masyarakat berhak menyampaikan aspirasinya itu. Jika ternyata hukum kita belum bisa mengakomodir, itu adalah aturan yang harus ditaati oleh semua warga negara," tegas Arnold.

Baca juga : Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru

Perihal Undang-Undang Dasar 1945 terkait batas dua periode masa jabatan Presiden, Arnold mengatakan sampai saat ini aturan itu masih berlaku dan tidak dilanggar oleh siapapun.

"Sampai saat ini, konstitusi kita masih mengatur masa jabatan Presiden hanya dibatasi maksimal dua periode saja. Jika kemudian ada aspirasi dari rakyat untuk Presiden bisa ditambah menjadi tiga periode, itu adalah ranah dari MPR untuk menindaklanjutinya," katanya.

Arnold menambahkan, negara Indonesia adalah negara yang menganut iklim demokrasi, dimana kedaulatan ada di tangan rakyat, bukan di tangan elit.

"Negara ini kan negara demokrasi, jadi kedaulatan ada di tangan rakyat, bukan hanya di tangan para elit saja. Para elit negeri ini harus juga mendengar aspirasi rakyat terkait tiga periode ini. Karena rakyat ingin pembangunan yang saat ini sedang berjalan tidak berhenti begitu saja, sehingga kepemimpinan Presiden Jokowi diharapkan dapat berlanjut," pungkasnya.

Sebelumnya, Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) melakukan Deklarasi Nasional bertajuk #2024SetiaBersamaJokowi pada Jumat (18/2) sebagai bentuk komitmen untuk menyuarakan aspirasi rakyat terkait kepemimpinan Jokowi.

Diketahui, deklarator KOBAR ada sembilan orang, yakni Arnold L Panjaitan, Mukhtar Ansori Attijani, Muhammad Syarif Hidayatullah, Alan Ch Singkali, M.Huda Prayoga, Saud Marganda Tampubolon, N.Alex Ramandey, Sahdan, dan Sahat Martin Philip Sinurat.

Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) Sahat Martin Philip Sinurat menjelaskan tentang aspirasi masyarakat terkait masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga tiga periode.

Sahat menegaskan KOBAR akan menyuarakan aspirasi masyarakat jika ada desakan terkait perpanjangan masa jabatan presiden.

"Kalau terkait itu (masa jabatan tiga periode, red), yang pasti aspirasi masyarakat tidak bisa kita larang. Karena ini negara demokrasi. Apa pun aspirasi masyarakat, termasuk ketika kami konsolidasi ke bawah, ternyata ada masyarakat dari pedagang, petani, nelayan dan lain-lain menyuarakan itu, ya kita harus suarakan," kata Sahat seusai deklarasi nasional bertajuk #2024SETIABERSAMAJOKOWI di Jakarta Selatan, Jumat (18/2).

"Keputusan itu bukan melanggar aturan, itu kembali ke parlemen atau MPR. Artinya, ketika ada aspirasi masyarakat, silakan MPR apakah mendengarkan aspirasi masyarakat atau tidak," pungkasnya. ***

Artikel Terkait
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas