INDONEWS.ID

  • Minggu, 27/02/2022 13:18 WIB
  • Manipulasi Publik Opini oleh PollsteRP

  • Oleh :
    • indonews
Manipulasi Publik Opini oleh PollsteRP
Ilustrasi. (Foto: Ist)

Oleh: DR. Rizal Ramli*)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Survey opini publik itu hal yang lumrah, bagus dan bermanfaat jika dilaksanakan secara objektif. Hasilnya bisa jadi ‘guide’ untuk kebijakan publik.

Baca juga : Pemberdayaan Perempuan Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara Melalui Pelatihan "Metode Sadari Dan Pembuatan Teh Herbal Antioksidan"

Tapi bisa jadi malapeteka jika survey tidak dilakukan secara objektif dan digunakan untuk manipulasi opini berbayar.

Contoh manipulasi opini: ketika barang2 langka, harga naik, pengangguran tinggi dan daya beli merosot, kok bisa hasil survey kepuasaan 73% ?

Baca juga : Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap

Ini teori ekonomi baru,, kayaknya pantas untuk calon hadiah Nobel tahun 3000?

Inilah contoh manipulasi opini publik dengan melalui SurveyRP oleh PollsteRP.

Baca juga : Persahabatan yang Tak Lekang oleh Waktu, Perbedaan Profesi, dan Pilihan Politik

Dalam upaya manipulasi publik opini itu, PollsteRp tidak berkerja sendiri, tapi sering secara bersama-sama, rombongan in-tandem, mereka tidak kompetitif bahkan sering berkerja secara kartel (5-9 PollsteRp) yg dibayar untuk merekayasa (spin) opini publik demi kepentingan yg bayar.

Contoh lain dari manipulasi opini berbayar yang dilakukan PollsteRp adalah sebagai berikut:

Pertama, “Effek Jokowi” pada Pilpres 2014. Kartel, terdiri dari 9 PollsteRP, disewa untuk memompa rating capres Jokowi. Mereka secara simponi menyatakan kalau Mbak Mega jadi Capres pasti kalah. Tapi kalau PDIP mencalonkan Jokowi sebagai Capres, Jokowi pasti menang, dan PDIP akan dapat bonus dari “Effek Jokowi” naik mencapai 34%. PollsteRP dalam kartel yg sama menjanjikan kesimpulan yg sama hanya ‘Effek Jokowi’ beda2 tipis, 32%~35%. Pilpres 2014, Jokowi memang menang, tapi PDIP hanya naik dari 14,3% menjadi 18,95% tahun 2014. Kesalahan perkiraan PollsteRp 15%, atau 7,5x Margin of Error (2%) ! Ini penipuan publik opini luar biasa.

Kedua, Pilkada Gubernur 2017, team Ahok menyewa 7 PollsteRp untuk memompa rating Ahok. Rombongan PollsteRp berbayar itu, menyimpulkan Ahok akan menang lawan Anies. Menjelang Pilkada, RR menyatakan kepada Jokowi di istana bahwa Ahok bakal kalah double digit. RR mengatakan kepada Jokowi, “Saya tidak punya perusahaan polling, tetapi ketika naik taxi, bajay dan Gojek, terus melakukan random survey - dan simpulkan Ahok bakal kalah double-digit”. Jokowi jawab,”Mas Rizal, hasil ke 7 pollster, Ahok akan menang 2-4%”.  Ternyata Ahok kalah 15%. Kesalahan perkiraan rombongan PollsteRP 17-19%, atau 8,5-9,5x Margin of Error. Keteledoran manipulatif  yang luar biasa !

PollsteRP membela diri dengan selalu mengatakan bahwa survey2 mereka dilakukan dengan berlandaskan methoda akademik dan statistik. Methoda survey itu sudah standard dan kalau dilakukan secara benar, kesalahan perkiraannya hanya akan +/- Margin of Error, bukan berkali-kali Margin of Error !

Jawaban responden terhadap pertanyaan survey akan sangat tergantung pada framing atau arah pertanyaan. Framing umum, apakah anda puas, cendrung akan dijawab ya. Tetapi framing lebih khusus: misalnya apakah anda puas dengan kenaikan harga & kelangkaan, cendrung dijawab tidak puas. Pertanyan yg lebih spesifik tentang ekonomi, sosial, pajak, JHT, wajib kartu BPJS dsb akan memberi jawaban yang berbeda.

Dalam banyak kasus, PollsteRp juga bertindak sebagai konsultan politik, bahkan sampai door-to-door campaigning.  Tidak ada transparansi & independensi.

Walaupun umumnya pemilihan responden dilakukan dengan ‘stratified sampling’ (sekitar 1200 orang).  Tapi sering tidak ada perubahan responden selama bertahun-tahun. Statis dan banyak yg kena ‘Stockholm Syndrome’ yg membuat mereka semakin tidak independen.

Apakah yang bisa dilakukan agar survei-survei opini publik objektif dan tidak manipulatif dan membajak demokrasi:

  1. Harus ada transparasi siapa yg membiayai survey itu
  2. Hasil survey hanya boleh diumumkan jika +/- 1x Margin of Error.
  3. Perlu transparansi teknik sampling dan apakah responden statis dan dibayar ?
  4. Pollster tidak boleh merangkap sebagai konsultan, apalagi door-to-door campaigning.
  5. Media disarankan untuk tidak memuat hasil Pollster secara verbatim, tapi disertai info siapa yg bayar, track record Pollster, dan review oleh analyst independen.

Methologi survey penting, tapi lebih penting lagi ethika dan moralitas intelektual surveyor. Biases  secara sengaja dan sistematis merupakan bentuk dari penghianatan intelektual.

 

Jakarta 27 Febuari 2022

*) DR. Rizal Ramli memiliki pengalaman riset sosial-ekonomi  di berbagai sektor dan daerah di Indonesia selama 17 tahun.

Artikel Terkait
Pemberdayaan Perempuan Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara Melalui Pelatihan "Metode Sadari Dan Pembuatan Teh Herbal Antioksidan"
Visiting Professor Pandemi: Dunia Harus Siap
Persahabatan yang Tak Lekang oleh Waktu, Perbedaan Profesi, dan Pilihan Politik
Artikel Terkini
Jelang Musim Haji, MERS CoV di Arab Saudi Perlu Diwaspadai
PJ Bupati Maybrat Pantau Ujian Nasional 3 SD Terdalam di Aifat Utara
PNM Sosialisasikan Program Mekaar Pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Serang
Pj Bupati Maybrat Hadiri Rapat Persiapan Penilaian Akreditasi Delapan Puskesmas
Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas