INDONEWS.ID

  • Senin, 28/02/2022 08:36 WIB
  • Sang Raja Minyak Asal Gorontalo, Arifin Panigoro Meninggal Dunia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Sang Raja Minyak Asal Gorontalo, Arifin Panigoro Meninggal Dunia
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Arifin Panigoro (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Arifin Panigoro meninggal dunia, Senin (28/2/2022). Ia meninggal di Mayo Clinic, Amerika Serikat (AS), pada 27 Februari waktu setempat.

"Telah meninggal dunia Arifin Panigoro di Mayo Clinic, Rochester USA, kira-kira jam 14.45 27 Febr waktu setempat (atau 03.45 WIB 28 Februari," demikian bunyi pesan duka yang disampaikan Mea Panigoro, putri almarhum.

Semasa hidupnya, Arifin Panigoro adalah pengusaha sukses di Indonesia. Sosok asal Gorontalo ini memiliki peran penting di industri minyak Indonesia sejak periode 1980-an silam.

Arifin Panigoro dikenal sebagai pendiri Meta Epsi Drilling Company atau PT Medco Energi Internasional Tbk. Dia sudah menggeluti bisnis di industri emas hitam ini sejak sekitar 40 tahun lalu.

Selama memimpin Medco Energi Internasional, Arifin membuktikan bahwa pengusaha Indonesia bisa memiliki dan mengelola perusahaan minyak bumi dengan kualitas yang tak kalah dibanding korporasi asing.

Keberhasilan Arifin membangun Medco Energi pada 1980 silam diikuti langkahnya mengakuisisi berbagai blok migas internasional di Indonesia. Pada 1994 silam, Arifin membawa perusahaan yang didirikan melantai di Bursa.

Kehebatannya mengelola Medco Energi membuat banyak orang menjuluki Arifin sebagai `Raja Minyak dari Gorontalo`. Di bawah pimpinan Arifin, Medco Energi juga berhasil mengakuisisi perusahaan tambang Newmont dan blok migas di Natuna dari ConocoPhillips pada 2016 silam.

Selain dikenal sebagai pebisnis ulung, pria kelahiran 14 Maret 1945 ini juga sempat menjadi anggota PDI Perjuangan pada kurun 1999 - 2005. Arifiin sempat menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI pada 2022 - 2003.

Setelahnya, Arifin dan beberapa temannya mendirikan partai sendiri bernama Partai Demokrasi Pembaruan. Karena kepiawaiannya dalam berbisnis, lulusan Teknik Elektro ITB ini mendapat penghargaan Doktor Kehormatan di Bidang Technopreneurship dari almamaternya pada 2010 silam.

Selain itu, Arifin juga meraih penghargaan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden RI pada 2019 silam. Penghargaan tersebut diterima Arifin karena dinilai berjasa bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara selama ia hidup.

Sejak Desember 2019, Arifin dilantik menjadi anggota Wantimpres Jokowi. Usai dilantik Jokowi, Arifin mengaku sempat mendapat pesan khusus darinya agar bisa mengentaskan banyaknya penderita TBC di Indonesia.

"Jokowi menyampaikan, `Ini Pak Arifin, Bu Arifin, saya kaget masih banyak kasus TBC di Indonesia`," kata Arifin kala itu.

Pesan khusus tersebut tak salah diberikan Jokowi kepada Arifin Panigoro, karena sosok yang dikenal dekat dengan Jokowi ini memang memiliki concern tinggi terhadap persoalan kesehatan dan upaya memberantas penyakit tersebut dari Indonesia.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas