INDONEWS.ID

  • Senin, 14/03/2022 10:55 WIB
  • Presiden Jokowi Resmi Pimpin Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Presiden Jokowi Resmi Pimpin Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN
Prosesi Kendi Nusantara di titik nol IKN Nusantara dihadi 28 gubernur dan Presiden Jokowi. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin prosesi Kendi Nusantara yang digelar di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jokowi didampingi 34 pimpinan provinsi melaksanakan ritual itu.

Prosesi kendi Nusantara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk pertama kalinya di IKN Nusantara. Kemudian, satu per satu gubernur menyerahkan tanah dan air yang mereka bawa dari provinsi masing-masing.

Baca juga : Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi orang pertama yang menyerahkan tanah dan air ke Jokowi. Anies membawa tanah dari Kampung Akuarium, kampung di Jakarta Utara yang pernah digusur Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Tak semua provinsi diwakili oleh gubernur. Gubernur Papua Lukas Enembe absen. Papua diwakili pejabat eselon II, yaitu Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemur.

Baca juga : Didampingi AHY, Besok Jokowi Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah Elektronik di Banyuwangi

Selain Gubernur Papua, sejumlah Gubernur juga absen dalam prosesi tersebut antara lain Gubernur Banten Wahidin Halim juga tak hadir. Dia menugaskan Andika Hazrumy. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman juga absen dan mengutus Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Gubernur Bali Wayan Koster pun tak memenuhi undangan Jokowi. Politikus PDIP itu diwakili oleh Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Gorontalo juga tak diwakili gubernur. Provinsi itu diwakili Idris Rahim. Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran juga absen dan diwakili Wagub Edy Pratowo.

Tanah dan air yang disetor ke Jokowi langsung disatukan ke dalam sebuah gentong. Prosesi ini menjadi simbol penyatuan seluruh daerah Indonesia ke dalam IKN Nusantara.

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar

Setelah kegiatan ini, Jokowi akan menanam pohon di lokasi ibu kota negara baru. Dia juga akan bermalam di lokasi tersebut bersama beberapa menteri dan kepala daerah.*

Artikel Terkait
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Didampingi AHY, Besok Jokowi Serahkan 10.323 Sertipikat Tanah Elektronik di Banyuwangi
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Artikel Terkini
Saksikan Pekan Gawai Dayak Kalbar, Ratusan Warga Malaysia Serbu PLBN Aruk
Buka WWF ke-10, Presiden Jokowi Berharap Bisa Ciptakan Kepastian Distribusi Air Bersih
Realisasikan Investasi di Indonesia, Menko Airlangga Harapkan Lotte Chemical Dapat Menjadi Stimulus Pembangunan Industri Petrokimia Hilir Lokal
Macet, Menteri AHY Memilih Jalan Kaki ke Acara Pembukaan WWF
Pj Bupati Maybrat Hadiri Festival BENLAK 2024, Peringati Hari Jadi ke-17 Minahasa Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas