INDONEWS.ID

  • Rabu, 16/03/2022 16:47 WIB
  • Paripurna Pembangunan Ibukota Negara Nusantara, TNI AD Pastikan Kawal Jalannya Pembangunan

  • Oleh :
    • luska
Paripurna Pembangunan Ibukota Negara Nusantara, TNI AD Pastikan Kawal Jalannya Pembangunan
Istimewa

Jakarta, INDONEWS.ID - TNI AD dipastikan akan mengawal jalannya pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN)  di Kalimantan Timur.

Hal tersebut dikatakan oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman saat kunjungan kerja ke Kodam Jaya, Jakarta Timur, Senin (14/3/2022).

Baca juga : Seleksi CASN 2024 Segera Dimulai, Pemerintah Penuhi Formasi Talenta Digital

Dijelaskan Dudung, TNI AD telah membangun posko di areal IKN

" Seperti yang telah saya sampaikan di media, termasuk di rapim TNI AD, bahwa TNI AD mendukung penuh program yang dicanangkan  pemerintah yaitu IKN di kalimanatan Timur, dan TNI AD sudah membangun posko dari posko Kodam VI/Mulawarman," jelas Dudung kepada awak media di Makodam Jaya.

Baca juga : Hardiknas, KSP: Momentum Percepatan Sertifikasi Guru

Tentunya, lanjut Dudung, keberadaan posko tersebut untuk membantu keamanan jalannya pembangunan di IKN.

Secara resmi Ibukota negara baru bernama Ibu Kota Nusantara. Adalah sebuah kota terencana yang akan menggantikan posisi Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia mulai tahun 2024.

Baca juga : Peringatan Hardiknas Harus Jadi Momentum dalam Melindungi Generasi Muda dari Intoleransi

Ibukota Nusantara terletak di pesisir Timur pulau Kalimantan yang sebelumnya merupakan bagian dari dua kabupaten di provinsi Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Pada 17 Januari 2022, Pemerintah Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat telah resmi mengumumkan nama ibu kota baru yang tertuang dalam undang-undang yang mendapat persetujuan secara aklamasi dalam rapat paripurna ke-13 DPR RI masa sidang 2021–2022 mengenai pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Melanjutkan percepatan proses pembangunan Ibukota Nusantatra, Presiden Jokowi bersama gubernur se-Indonesia pada Senin (14/3) menggelar syukuran dan ritual adat penyambutan pembangunan IKN Nusantara.
Agenda tersebut diisi dengan ritual penyatuan tanah dan air dari penjuru negeri yang dibawa oleh 34 gubernur di Indonesia.

Para gubernur diminta secara bergantian menyerahkan tanah dan air sakral dari daerah mereka masing-masing ke hadapan Presiden Jokowi.

Kemudian bersama-sama menuangkannya ke dalam wadah terbuat dari tembaga bernama Kendi Nusantara, sebagai simbol penyatuan tanah dan air seluruh Indonesia. Selain itu Jokowi  dan para menteri berkemah di titik nol lokasi pembangunan istana negara. (Lka)

Artikel Terkait
Seleksi CASN 2024 Segera Dimulai, Pemerintah Penuhi Formasi Talenta Digital
Hardiknas, KSP: Momentum Percepatan Sertifikasi Guru
Peringatan Hardiknas Harus Jadi Momentum dalam Melindungi Generasi Muda dari Intoleransi
Artikel Terkini
Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI
Tips Memilih Jasa Penagihan Hutang yang Terbaik
Kabupaten Maybrat Salurkan Bantuan ke Pos Satgas Operasional Aman Nusa1 di Kampung Aisa
Pemberdayaan Perempuan Melakukan Deteksi Dini Kanker Payudara Melalui Pelatihan "Metode Sadari Dan Pembuatan Teh Herbal Antioksidan"
Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas