INDONEWS.ID

  • Jum'at, 08/04/2022 09:34 WIB
  • Kemendagri Tinjau Persiapan Desa Digital Kalurahan Sambirejo

  • Oleh :
    • Mancik
Kemendagri Tinjau Persiapan Desa Digital Kalurahan Sambirejo
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meninjau persiapan desa digital Kalurahan Sambirejo, Sleman.(Foto:Puspen Kemendagri)

Sleman, INDONEWS.ID - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo meninjau persiapan desa digital Kalurahan Sambirejo, Sleman. Rabu (6/4/2022).

Yusharto menuturkan, Kalurahan Sambirejo telah memaksimalkan penataan infrastruktur tingkat desa, terutama dalam penerapan digitalisasi.

Baca juga : SIAK Terpusat Diharapkan Mampu Tingkatkan Layanan Kependudukan di Sleman

"Desa Sambirejo sudah menggunakan berbagai macam instrumen yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah untuk membantu memperbaiki infrastruktur di tingkat desa. Di Sambirejo, kita bisa menyaksikan bahwa hal itu terimplementasi dengan baik walaupun belum di-launching, tinggal bagaimana masyarakat menerima manfaat dari perkembangan digital ini,” ujar Yusharto.

Dalam kesempatan itu, pihak Kalurahan Sambirejo memaparkan terkait penerapan digitalisasi yang telah berjalan.

Baca juga : Dirjen Yusharto Huntoyungo Sebut Desa Digital Permudah Pengembangan Ekonomi Desa

Adapun Kalurahan Sambirejo menggunakan beberapa cara untuk mengoptimalkan digitalisasi, di antaranya berbasis aplikasi, website, dan sosial media.

Aplikasi yang digunakan di antaranya Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan Desa (Simpeldesa) dan mitra Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca juga : GKR Hemas Undang Pejabat Sleman dan DIY Cari Solusi Tambang Pasir

Sedangkan untuk website menggunakan dua situs, yang salah satunya terintegrasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dan sisanya terintegrasi dengan Telkom Indonesia.

Selain itu, Pemerintah Kalurahan Sambirejo juga menggunakan beberapa sosial media yang dapat memudahkan penyebaran informasi dan komunikasi dengan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Kelompok Kerja (Pokja) 3 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat Irma Zainal, Kepala Balai Pemerintah Desa Yogyakarta Kemendagri Muhammad Ari Sumartana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman Samsul Bakri, Panewu Kapanewon Prambanan Ishadi Zayid, dan Lurah Sambirejo Wahyu Nugroho.*

Artikel Terkait
SIAK Terpusat Diharapkan Mampu Tingkatkan Layanan Kependudukan di Sleman
Dirjen Yusharto Huntoyungo Sebut Desa Digital Permudah Pengembangan Ekonomi Desa
GKR Hemas Undang Pejabat Sleman dan DIY Cari Solusi Tambang Pasir
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas