INDONEWS.ID

  • Senin, 25/04/2022 11:27 WIB
  • Basarnas Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2022/1443 H

  • Oleh :
    • luska
Basarnas Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2022/1443 H

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi membuka Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2022/1443 H, Senin (25/4/2022).

Pembukaan Siaga Lebaran yang digelar pukul 09.00 wib dilakukan secara virtual di Ruang Rapat (Function Room) Gedung Basarnas. Dalam pembukaan virtual  disaksikan oleh seluruh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Satuan Udara  Pencarian dan Pertolongan (Satud PP) ATS Bogor, Skadron 400 Tanjung Pinang, dan Skadron 400 Lanudal Juanda.

Baca juga : Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan kesiapsiagaan SAR dalam rangka Siaga SAR khusus lebaran adalah agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). 

"Kegiatan ini dilaksanaan untuk meningkatkan koordinasi, kesiapan personil, peralatan, keterampilan, kesigapan, serta kecepatan waktu tanggap (respon time) untuk mendukung unsur-unsur terkait di wilayah bandara, pelabuhan, penyeberangan laut/danau, transportasi darat yang memiliki kerawanan tinggi khususnya Trans Jawa (Pantura dan Pantusel), serta pemantauan kawasan wisata strategis," jelas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat konferensi pers di gedung Basarnas, Jakarta.

Baca juga : HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas

Dengan _tagline_ “Mudik Aman Mudik Sehat”, Siaga SAR Khusus Lebaran tahun ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal dan terpadu serta mendukung kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19. 

Selain itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pemerintah Daerah, Pengelola Jalan Tol, RS rujukan dan Kementerian/Lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada para pemudik.

Baca juga : Merit Sistem Basarnas `Sangat Baik`

"Motto kita adalah _Quick Response of Search and Rescue_," tegas Kabasarnas.

Sebagai informasi, Tim SAR beserta alut ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan, seperti pelabuhan, penyeberangan,  jalan tol, bandar udara, terminal bis, serta daerah wisata. Disamping itu, Basarnas juga menempatkan petugas siaga sebagai _Laison Officer_ (LO) di Posko Terpadu Kementerian Perhubungan.
 
Rangkaian Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2022/1443 H mulai dari pembukaan hingga penutupan terhitung dari tanggal 25 April - 10 Mei 2022 selama 16 (enam belas) hari. 

Sementara untuk penempatan Alut SAR ada di beberapa lokasi, yaitu : untuk Alut darat dan laut di tempatkan di posko siaga, pelabuhan dan dermaga penyebrangan di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas di seluruh Indonesia.

Sedangkan Alut udara ditempatkan yaitu
a)    Helly Rescue (HR) 1522 Tanjung Pinang standby di Pelabuhan Merak Dengan RS Rujukan RS Krakatau Medica;
b)    HR 3603 Lanudal Juanda standy di Jombang dengan RS Rujukan RSAL Surabaya;
c)    HR 3606 Satud PP Lanud ATS Standby Di Tol Kalikangkung dengan RS rujukan RS Kariyadi Semarang;
d)    HR 1301 Satud PP Lanud ATS standby di Lanud Halim dengan RS rujukan RS Bhayangkara Kramat Jati Jakarta. (Lka)

Artikel Terkait
Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI
HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas
Merit Sistem Basarnas `Sangat Baik`
Artikel Terkini
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tak Terdaftar di OJK, Perusahaan Investasi asal Hongkong Himpun Dana Masyarakat
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas