INDONEWS.ID

  • Kamis, 23/06/2022 17:30 WIB
  • Usulan Prioritas Indonesia di Sektor Pendidikan Didukung Negara G20

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Usulan Prioritas Indonesia di Sektor Pendidikan Didukung Negara G20

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Kelompok Kerja Pendidikan G20, Iwan Syahril mengatakan Indonesia mengagendakan pembahasan tema "Solidarity Partnership dan The Future Work Post Covid-19" pada pertemuan ketiga Education Working Group G20.

"Nanti di pertemuan ketiga, kita spesifik fokus di solidarity partnership dan juga the future work post covid-19," kata Iwan dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 bertema “Pendidikan Berkualitas Hadapi Dunia Kerja Pasca Pandemi” pada Kamis, (23/6/22).

Baca juga : Indonesia Dorong Penerapan Teknologi Hadirkan Pendidikan Berkualitas

Pada pertemuan kedua sebelumnya, ungkap Iwan, Indonesia telah mendorong pembahasan seputar isu quality education dan digital teknologi. Iwan mengatakan, pada intinya, keempat isu yang diusung Indonesia mendapat apresiasi dan sambutan positif dari para delegasi negara anggota dan negara undangan khusus.

"Alhamdulillah 4 isu penting ini didukung oleh negara-negara anggota dan negara-negara undangan khusus, sehingga diskusi berjalan dengan baik," bebernya.

Baca juga : Kabar Gembira! Pendaftaran Seleksi Guru Honorer Jadi PPPK Dibuka April

Sebagaimana diketahui, sejak covid-19 menjadi pandemi di semua negara, berbagai sektor mengalami hambatan dan tantangan. Salah satunya adalah sektor pendidikan yang mengubah pola pembelajaran menjadi secara daring.

Sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut, Indonesia selaku pemangku Presidensi G20 2022, menginisiasi Kelompok Kerja Pendidikan G20 yang dipimpin oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Baca juga : Kemendikbud Akan Sediakan Tunjangan Pulsa Untuk Sektor Pendidikan

Forum yang terdiri dari negara-negara anggota G20, negara undangan khusus, organisasi internasional, serta Kelompok Pelibatan Bisnis dan Kepemudaan ini bertujuan untuk memperkuat sistem pendidikan yang berkualitas dan inklusif.

Pada pertemuan EdWG kedua, Kemendikbudristek membagikan terobosan Merdeka Belajar sebagai contoh praktik baik yang menjadi tonggak gotong royong transformasi pendidikan di Indonesia, sekaligus sebagai dasar agenda prioritas bidang pendidikan G20.

Lebih spesifik lagi, untuk mempersiapkan mahasiswa guna menghadapi dunia kerja nyata, Kemendikbudristek juga menerapkan terobosan Kampus Merdeka.

Terobosan Kampus Merdeka

Kampus Merdeka adalah program persiapan karir yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir masa depan.

"Kampus merdeka adalah merdeka belajar yang kedua. Dari awal Mas Menteri itu memiliki visi bahwa kita harus mendisrupsi perguruan tinggi. Kita melakukan unbundling higher education. Dimana belajar itu ga harus di kampus. Jadi belajar itu bisa dari mana saja, kapan saja," beber Iwan.

Dalam konsep kampus merdeka, Iwan menuturkan, mahasiswa diberikan kemerdekaan atau hak untuk mengambil 3 semester di luar program studinya, bahkan di luar kampus tempat ia menempuh pendidikan tinggi.

Antara lain yang dapat dilakukan mahasiswa tersebut, sebut Iwan, adalah dengan magang di perusahaan, social project, start up ataupun menjadi guru di kampus mengajar.

"Kampus mengajar adalah yang paling populer. Mereka bisa mengajar di daerah-daerah yang betul-betul membutuhkan, daerah-daerah yang sulit. Nah golden fokusnya yakni di pendidikan dasar. Jadi ada SD dan SMP. Dan lagi fokus di literasi dan numerasi," terang Iwan.

Iwan menambahkan, pihaknya meyakini dengan menggerakan para mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja, mereka akan dapat menguasai soft skill yang tak mungkin mereka dapatkan di ruang kuliah.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan presidensi G20 Indonesia 2022 merupakan sebuah momentum, khususnya di bidang pendidikan untuk menunjukan kepemimpinan Indonesia dalam memimpin dunia yang lebih tangguh untuk bisa pulih bersama-sama.

Iwan menyampaikan, semangat gotong royong yang diterapkan melalui kebijakan merdeka belajar, disambut baik oleh negara-negara G20.

Sehingga, gotong royong yang merupakan bentuk kearifan lokal Indonesia, ternyata memampukan Indonesia melompat lebih cepat dan menjadi inspirasi bagi negara-negara global.

"Sehingga gotong royong pun jadi kerangka pemulihan pendidikan dalam forum pendidikan di G20. Semoga kita bisa sukses di G20," tutupnya.*

Artikel Terkait
Indonesia Dorong Penerapan Teknologi Hadirkan Pendidikan Berkualitas
Kabar Gembira! Pendaftaran Seleksi Guru Honorer Jadi PPPK Dibuka April
Kemendikbud Akan Sediakan Tunjangan Pulsa Untuk Sektor Pendidikan
Artikel Terkini
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas