Nasional

Kabar Gembira! Pendaftaran Seleksi Guru Honorer Jadi PPPK Dibuka April

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 24/03/2021 15:59 WIB

Ilustrasi Tenaga Honorer

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabar gembira bagi para guru honorer di seluruh Indonesia. Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka segera membuka pendaftaran seleksi guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dibuka April mendatang.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril dalam rapat dengan Komisi X DPR RI, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021). Ia mengatakan proses seleksi akan dimulai pada Agustus 2021.

"Seleksi guru ASN PPPK ini kita pada posisi kami bersama kementerian sudah melakukan persiapan-persiapan. Jadi kita bisa buka pendaftaran bulan April, dan ujian seleksi Agustus untuk kesempatan pertama dan Oktober kesempatan kedua dan Desember kesempatan ketiga," kata Iwan.

Irwan berharap prosesnya dapat berjalan sesuai rencana yang telah dibuat. Jadi kesempatan guru honorer seleksi menjadi ASN PPPK dapat dibuka seluas-luasnya.

"Mudah-mudahan timeline ini bisa kita jaga supaya memberi kesempatan seluas-luasnya kepada semua guru honorer untuk mengikuti tes," ujarnya.

"Mas Menteri menegaskan bahwa komitmen pemerintah untuk merekrut satu juta guru dibuat berdasarkan adanya jaminan kualitas berdasarkan ujian seleksi. Ini sesuai dengan UU ASN Nomor 5 Tahun 2014," lanjut Iwan.

Lebih lanjut, terkait slot guru agama dalam seleksi itu, Iwan mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan KemenPAN-RB dan Kemenag.

"Ini kami koordinasi dan KemenPAN-RB dan Kemenag terkait guru agama. Formasi yang telah diajukan ini yang kemudian kita bisa lihat breakdown-nya dari per daerah ataupun per agama. Ini sesuai dengan kebutuhan di masing-masing daerah yang mengajukan, dan ini untuk agama Buddha, Hindu, Islam, Katolik, Konghucu, dan Kristen," tutur Irwan.

Loading...

Artikel Terkait