INDONEWS.ID

  • Jum'at, 01/07/2022 07:15 WIB
  • Museum Seni Riga Bourse Menerima Tambahan Koleksi Benda Seni Indonesia

  • Oleh :
    • luska
Museum Seni Riga Bourse Menerima Tambahan Koleksi Benda Seni Indonesia

Swedia, INDONEWS.ID - Pada Rabu, 29 Juni 2022, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Dr. Fadli Zon menyerahkan kepada Direktur Jenderal Museum Seni Nasional Latvia, Māra Lāce benda seni Indonesia berupa Keris, Songket Bali, Songket Palembang dan Gunungan untuk dipajang sebagai koleksi permanen pada pojok Indonesia di Museum Seni Riga Bourse.

Penyerahan koleksi permanen ’Gift of Indonesia’ tersebut disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Kamapradipta Isnomo, anggota BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana, Irine Yusiana Roba Putri, Arkanata Akram, Direktur Museum Seni Riga Bourse, DR. Daiga Upeniece, dan Konsul Kehormatan RI untuk Republik Latvia, Valdis Tigalis.

Baca juga : Wastraprema dan Museum Tekstil Gelar Wastra Tenun Bertuah Sesuai Siklus Kehidupan

Pada sambutannya Ketua BKSAP DPR RI menyampaikan, ”Ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan kerja sama budaya dan people to people contact antara Indonesia dan Latvia. Saya berharap minat masyarakat Latvia untuk mempelajari budaya Indonesia semakin meningkat di tahun-tahun mendatang”

Dubes RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia menyampaikan, ”Museum adalah ’gerbang’ yang efektif untuk mempelajari budaya dan peradaban suatu bangsa. Oleh karena itu, adanya koleksi permanen benda seni Indonesia yang dipajang di Museum Seni Riga Bourse dapat menjadi gerbang bagi masyarakat Latvia untuk mengetahui dan meningkatkan minat berkunjung ke Indonesia”.

Baca juga : Catat Tanggalnya! Cemara 6 Galeri Toeti Heraty Museum Akan Hadirkan Pameran "Membatik Ketangguhan: Batik Saparinah"

Museum Seni Riga Bourse terletak di pusat kota Riga, Latvia dan memiliki berbagai koleksi benda seni dari Asia Timur dan Tenggara, termasuk Indonesia. Benda seni asal Indonesia yang sebelumnya telah dipajang antara lain kain Songket Palembang, Kain Tenun Sumba, wayang kulit, Patung Asmat, Topeng Bali dan patung garuda.

Kunjungan Delegasi BKSAP DPR RI merupakan bagian dari rangkaian kunjungan dalam menghadiri pertemuan On the Road Meeting of the OECD Global Parliamentary Network di Riga, Latvia, 30 Juni – 1 Juli 2021 yang diselenggarakan oleh Parlemen Latvia, Saeima.

Baca juga : Gunungapi Karangetang Erupsi, Sebanyak 77 Jiwa Dievakuasi ke Museum Siau Timur

Indonesia telah menjalin hubungan bilateral dengan Latvia sejak 1993. Latvia adalah mitra dagang terbesar Indonesia untuk kawasan Baltik sementara wisatawan Latvia yang berkunjung ke Indonesia tercatat sebagai wisman terbesar dari Baltik. (Lka)

Artikel Terkait
Wastraprema dan Museum Tekstil Gelar Wastra Tenun Bertuah Sesuai Siklus Kehidupan
Catat Tanggalnya! Cemara 6 Galeri Toeti Heraty Museum Akan Hadirkan Pameran "Membatik Ketangguhan: Batik Saparinah"
Gunungapi Karangetang Erupsi, Sebanyak 77 Jiwa Dievakuasi ke Museum Siau Timur
Artikel Terkini
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Di Acara Mengenang Tokoh Pers Nasional Prof Salim Haji Said, Pemred Asri Hadi Bertemu Bacalon Walkot Tangsel
Raih Gelar Doktor Honoris Causa Gyeongsang National University (GNU), Menko Airlangga Diakui Dedikasinya dalam Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan
ICC Terbitkan Surat Penangkapan Terkait Konflik Gaza, Hikmahanto: Tiga Alasan Masih Sulit Dilakukan
"Sekolah Damai" di SMA 3 Semarang, BNPT: Upaya Ciptakan Lingkukngan Pendidikan Aman, Damai, dan Penuh Nilai Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas