INDONEWS.ID

  • Senin, 03/10/2022 19:14 WIB
  • Sekjen Kemendagri Minta Aparatur Pemerintahan Siap Pimpin Perubahan

  • Oleh :
    • luska
Sekjen Kemendagri Minta Aparatur Pemerintahan Siap Pimpin Perubahan

Jakarta, INDONEWS.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta aparatur pemerintahan siap memimpin perubahan. Menurutnya, perubahan mengandung harapan untuk menuju keadaan yang lebih baik. Dalam hal ini, aparatur pemerintahan harus bersiap menjadi pemimpin dan bertransformasi menjadi pelayan masyarakat.

“Anda sebagai pemimpin yang akan mengubah, (sebagai) role model dari organisasi yang Anda punyai. Kenapa harus berubah menjadi lebih baik? Karena kita sepakat untuk mengubah organisasi menjadi lebih baik, dan kita sepakat harus dimulai dari pemimpin,” kata Suhajar saat membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Workshop Change Leader Kemendagri, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Baca juga : Pimpin Peringatan Harkitnas Ke-116, Kepala BSKDN Kemendagri Sampaikan Amanat Menkominfo

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk dapat memimpin perubahan, pemimpin harus menjadi role model di lingkungan unit organisasi. Untuk dapat menjadi figur teladan, seorang pemimpin di unit organisasi juga harus dibekali kemampuan dalam mendidik.

“Jadi role model ini harus berani merubah kepada hal-hal yang baik, karena itu tugasnya yang pertama adalah mendidik, membuat sesuatu menjadi lebih baik harus ada yang diubah, maka kita mengubahnya. Jadi, tugas pertama para role model ini dalam rangka change of leader ini adalah mendidik,” jelasnya.

Baca juga : Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah

Di samping itu, pemimpin juga harus mampu menginternalisasikan core value BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.  Dengan demikian, pemimpin yang dapat mengelola kewenangan dan mampu mengambil keputusan serta mempertanggungjawabkannya, adalah pemimpin yang mampu mendidik, menjadi teladan, dan mencegah terjadinya hal-hal buruk.

“Ke mana arah perubahan ini? Yang bangga melayani bangsa, jadi berorientasi pada pelayanan, BerAKHLAK itu, artinya arah yang ingin kita capai sebagai role model, ini perubahan kepemimpinan yang ingin kita capai. Change leader ini adalah untuk mentransformasi Kemendagri menjadi organisasi pelayanan publik yang efektif,” pungkasnya. (Lka)

Baca juga : Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

 

Artikel Terkait
Pimpin Peringatan Harkitnas Ke-116, Kepala BSKDN Kemendagri Sampaikan Amanat Menkominfo
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Artikel Terkini
Dikunjungi Menko PMK dan Mensos, Masyarakat Korban Banjir Bandang dan Longsor Terima Bantuan Dari Presiden Joko Widodo
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas