INDONEWS.ID

  • Kamis, 06/10/2022 11:38 WIB
  • Pengamat: Pencalonan Anies Membuat NasDem Berada dalam Posisi Sulit

  • Oleh :
    • very
Pengamat: Pencalonan Anies Membuat NasDem Berada dalam Posisi Sulit
Partai NasDem mencalonkan Gubernur DKI Jakarta sebagai Capres pada 2024. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Partai Nasdem telah menyatakan mengusung Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden dari partainya pada pemilu 2024 mendatang. Pencalonan ini mengejutkan berbagai pihak apalagi NasDem adalah bagian dari partai koalisi pemerintahan.

Komunikolog Indonesia, Emrus Sihombing mengatakan, di saat NasDem mencalonkan Anies Baswedan maka di saat itu pula posisi tawar Gubernur DKI Jakarta itu menjadi lebih kuat, bahkan lebih kuat dari Partai NasDem sendiri.

Baca juga : Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL

“Setelah Nasdem usung Anies, di satu sisi bargaining position Anies semakin dan lebih kuat dibanding Nasdem sendiri. Nasdem sendiri menjadikan posisi tawar Anies lebih tinggi daripada NasDem. Menarik,” ujanya dalam siaran pers yang diterima Indonews.id, di Jakarta, Kamis (6/10).

Bahkan, kata pengamat komunikasi dari Unversitas Pelita Harapan (UPH) tersebut, Nasdem menjadikan Anies "Anak Manis", daripada kadernya sendiri. “Mengapa? Sebab, Nasdem, mau tidak mau harus kerja ekstra mendekati partai lain yang sewajarnya menjadi tugas Anies, sebagai kandidat. Merujuk jumlah kursi Nasdem di DPR-RI, setidaknya harus ada dua partai untuk berkolasi agar bisa menggolkan Anies jadi Capres Pilpres 2024,” ujarnya.

Baca juga : Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas

Dalam pertukaran sosial/politik semacam ini, posisi tawar dua partai lain tersebut otomatis "di atas angin" dibanding Nasdem karena bagi dua partai tersebut masih terbuka lebar berkoalisi dengan partai lain yang lebih menguntungkan kepentingannya. “Karena itu, bisa saja dua partai tersebut (Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat, red) tidak mau bergabung dengan Nasdem mengusung Anies,” katanya.

Untuk itu, mau tidak mau, Nasdem harus mengeluarkan energi atau biaya politik,  komunikasi politik dan komunikasi pemasaran politik untuk menjadikan Anies Capres pada Pemilu 2024.

Baca juga : Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran

Emrus mengatakan, bagi Nasdem, sudah sulit untuk tidak membawa Anies lagi karena sudah diumumkan ke publik. “Jika Nasdem berpindah hati ke kandidat lain, maka penilaian rakyat terhadap Nasdem menjadi tidak baik, karena publik mempersepsikan bahwa  partai Nasdem tidak konsisten,” ujarnya.

Singkatnya, setelah Nasdem mengumumkan mengusung Anies, maka bargaining position Anies dan partai koalisi lain lebih baik atau di atas angin daripada Nasdem sendiri dalam konteks mengusung Anies di Pilpres 2024.

Jadi, kata Emrus, Nasdem telah "mengikat" dirinya sendiri pada permainannya sendiri. Disadari atau tidak, membuat posisi Anies seperti "anak mami" bagi Nasdem.

“Memang, menurut hemat saya, Nasdem terlalu cepat ambil keputusan mengusung Anies. Sejatinya, Nasdem dengan partai lain, bersama-sama menyampaikan mengusung Anies, sehingga beban politik menjadi berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Saat ini, Nasdem seolah pikul sediri usung Anies karena keputusannya terlalu dini,” pungkasnya. ***

 

Artikel Terkait
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Artikel Terkini
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas