INDONEWS.ID

  • Rabu, 12/10/2022 19:29 WIB
  • Dua Inovasi Kecamatan Lintau Buo Di Aspresiasi Bupati Tanah Datar

  • Oleh :
    • luska
Dua Inovasi Kecamatan Lintau Buo Di Aspresiasi Bupati Tanah Datar

Tanah Datar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar Eka Putra lounching 2 Dua Inovasi Kecamatan Lintau Buo yakni Lintau Buo Sejahtera Bersama Infaq dan Sedekah (Tabur Berkah) dan Gerakan Siswa Menabung Sampah (Kasi Bunga), di Aula SMKN 1 Lintau Buo,

Launching tersebut juga dihadiri  Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Farksi Demokrat Jefri Masrul, Kepala Dinas Perkim LH Tanah Datar Novi Hendri, Forkopimca Lintau Buo, TP-PKK kecamatan Lintau Buo, Wali Nagari se Kecamatan Lintau Buo, Tokoh masyarakat, Ninik mamak dan tamu undangan lainnya. 

Baca juga : Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan

Sebelumnya , Camat Lintau Buo Afrizal mengatakan inovasi Tabur Berkah ini di canangkan untuk membantu pemerintah daerah membatasi gerak rentenir dan sejalan dengan salah satu Progul yakni Makan Rendang di Tanah Datar. 

"Jika diperkirakan dari setengah jumlah penduduk di kecamatan Lintau Buo, bersedekah sebanyak minimal dua ribu rupiah saja di setiap minggunya, besarannya telah bisa membantu masyarakat dari permasalahan ekonomi, apalagi di akumulasikan setiap bulan, banyak manfaat akan di dapat, salah satunya mempersempit gerak rentenir," ujar Afrizal. 

Baca juga : Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang

Lain halnya dengan inovasi Kasi Bunga, Afrizal menjelaskan melihat sampah berserakan dimana-mana, timbul lah sebuah ide untuk menggerakan seluruh siswa di Kecamatan Lintau Buo untuk menabung sampah di sekolahnya masing-masing. 

"Kita berdayakan seluruh siswa di Lintau Buo, kita sinergikan orang tua, siswa dan pihak sekolah untuk menjalankan inovasi Kasi Bunga. Insha allah, sebagian besar sekolah telah menyatakan kesiapannya menggelola bank sampah, ini salah satu siasat dalam mengurangi sampah yang berserakan," ujar Afrizal. 

Baca juga : Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional

Tidak sampai disitu, Afrizal menambahkan dari inovasi Kasi Bunga ini, bermanfaat sebagai bentuk pembentukan karakter para siswa, baik disiplin, hidup bersih, menabung, mencintai lingkungan dan bekerja kelompok. 

"Melalui inovasi Kasi Bunga, para siswa tidak hanya sebatas mendapat finansial saja, tapi lebih dari pada itu, ialah pembentukan karakter generasi muda, mudah-mudah inovasi ini berjalan sesuai dengan harapan," 

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan lahirnya inovasi tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat serta kesejahteraan bagi masyarakat Lintau Buo pada khususnya. 

"Lahirnya inovasi ini tidak hanya sebatas seremonial belaka, akan tetapi terlaksana secara berkesinambungan dan di implementasikan di tengah-tengah masyarakat,

Kedua inovasi kecamatan itu, sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan seluruh unsur untuk membangkitkan rasa saling bahu-membahu dalam mensejahterakan masyarakat.

"Kita sangat mengapresiasi dan mendukung Inovasi ini, mudah-mudahan berjalan dengan sukses. Langkah ini, akan memotivasi semua unsur masyarakat untuk berinfak serta bersedekah," 

Bupati Eka mengharapkan masyarakat memaksimalkan Program Unggulan (Progul) pemerintah daerah yang tercantum pada RPJMD tahun 2021-2026 yang telah dimanfaatkan sebagian besar masayarakat di luhak nan tuo ini. 

"Beberapa Progul telah dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat, beberapa diantaranya program Bajak Gratis, program Makan Rendang di Tanah Datar, program Satu Rumah Satu Hafizh dan program lainnya. Mari  terus kita dukung pelaksanaannya, sehingga memberikan hasil yang baik dalam pembangunan masyarakat, (M.Datuk)

Artikel Terkait
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas