INDONEWS.ID

  • Selasa, 31/01/2023 21:07 WIB
  • Mafindo Gelar Pelatihan Digital dan Sekolah Kebangsan untuk Lansia dan Orang Muda

  • Oleh :
    • very
Mafindo Gelar Pelatihan Digital dan Sekolah Kebangsan untuk Lansia dan Orang Muda
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Aceh menggandeng MPU Aceh menyelenggarakan pelatihan Tular Nalar Akademi Digital Lansia (ADL) dan Sekolah Kebangsaan (SK) di aula Majelis Ulama Provinsi Aceh, Sabtu (28/1/2023). (Foto: Ist)

Banda Aceh, INDONEWS.ID – Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Aceh menggandeng MPU Aceh menyelenggarakan pelatihan Tular Nalar Akademi Digital Lansia (ADL) dan Sekolah Kebangsaan (SK) di aula Majelis Ulama Provinsi Aceh, Sabtu (28/1/2023).

Dilansir dari situs resmi acehprov.go.id, total peserta sebanyak 200 orang dengan rincian, seratus lansia dan seratus orang muda. Kedua kegiatan dilaksanakan secara terpisah waktu namun di hari yang sama. ADL berlangsung dari pagi hingga tengah hari sedangkan Sekolah Kebangsaan dilaksanakan tengah hari hingga waktu petang.

Baca juga : 5 Kali Berturut-turut, Bupati Tanah Datar Terima penghargaan TPID Award dari Presiden RI

Ketua MPU Aceh, Tgk. H. Faisal Ali menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan.

“Kegiatan ini penting diadakan dalam rangka memberikan edukasi bagi Lansia dan orang muda. Apalagi kita sudah mulai masuk ke tahun politik, dimana akan banyak tumbuh fitnah/ berita bohong, maka janganlah kita menjadi bagian dari orang-orang yang menyebarkan fitnah,” tegas Abu Faisal.

Baca juga : Pencapaian Inflasi Indonesia Terkendali, Menko Airlangga Ungkap Strategi Kebijakan 4K Sektor Pangan

Dalam sambutannya koordinator MAFINDO Aceh, Destika Gilang Lestari menyampaikan Program Tular Nalar ini merupakan program yang dijalankan oleh MAFINDO dan didukung Google.org, yang ada di 37 provinsi di Indonesia.

“Tular Nalar ADL adalah pelatihan yang melibatkan lansia dari berbagai kalangan dan lintas profesi berusia lansia, pra lansia, dan pendamping lansia. Harapannya diskusi yang berlangsung akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis untuk melawan misinformasi dan disinformasi, terutama di era serba digital ini,” imbuhnya.

Baca juga : Strategi Komunikasi dalam Menghadapi Pilkada 2024, Segmentasi Pemilih Sangat Penting

Sementara itu, lanjut Destika, pelatihan Tular Nalar Sekolah Kebangsaan melibatkan orang muda yang terdiri dari pelajar beberapa Sekolah Menengah Atas/ sederajat, yang mana sebagian besar dari mereka generasi first time voters, serta mahasiswa dari berbagai Universitas Negeri maupun Swasta.

“Pelatihan ini sebagai upaya mempersiapkan dan memaparkan Gen Z sedini mungkin konsep democratic and political resilient dan digital citizenship,” tegasnya.

Ketua Panitia/Person In Charge Tular Nalar, Nikhmatul Rizha menyampaikan dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan partisipasi lansia, orang muda dalam mencegah tersebarnya berita bohong di masyarakat sehingga masyarakat terhindar dari perpecahan apalagi menjelang pemilu 2024 ini, sudah mulai banyak penyebaran berita bohong/ fitnah di masyarakat. ***

Artikel Terkait
5 Kali Berturut-turut, Bupati Tanah Datar Terima penghargaan TPID Award dari Presiden RI
Pencapaian Inflasi Indonesia Terkendali, Menko Airlangga Ungkap Strategi Kebijakan 4K Sektor Pangan
Strategi Komunikasi dalam Menghadapi Pilkada 2024, Segmentasi Pemilih Sangat Penting
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Dorong Perbaikan Pendidikan Melalui Rapat Bersama Seluruh Kepala Sekolah di Kabupaten Maybrat
Sungai Yarra, bernyanyi dan riwayat Leptospirosis
5 Kali Berturut-turut, Bupati Tanah Datar Terima penghargaan TPID Award dari Presiden RI
Eri Cahyadi dan Sukses Kota Pahlawan Bangun Kesadaran Digital
Pj Bupati Maybrat Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi 2024 Fokus pada Stabilitas Harga
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas